Sukses

Soal Toyota Avanza Berpenggerak Depan, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Otosia.com Selama sepekan ini, netizen, terlebih para penggemar mobil, digegerkan dengan sebuah spyshot yang diduga adalah Toyota Avanza berpenggerak depan atau front-wheel drive (FWD).

Pasalnya, dari foto tersebut tidak terlihat adanya gardan yang menjadi ciri khas mobil berpenggerak belakang atau rear-wheel drive (RWD). Tapi, PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai produsen tersebut masih belum memberi informasi terkait rumor Toyota Avanza berpenggerak depan.

Sebenarnya, apa efek penggunaan penggerak depan pada Toyota Avanza? Dan apa kelemahan serta keunggulan dari mobil berpenggerak belakang? Berikut ulasannya:

Video Paling Viral saat Ini
 (kpl/crn)

Next

Front Wheel Drive (FWD)

Keunggulan mobil berpenggerak depan ialah memiliki akselerasi yang baik. Pasalnya, mesin bekerja menarik beban, bukan mendorong layaknya pada RWD. Roda pun tidak mudah selip ketika berakselerasi.

Toyota Avanza penggerak depan nantinya juga bisa memiliki radius putar yang lebih sempit, sehingga tikungan tajam dapat dilibas dengan mudah. Jelas, mobil MPV ini diprediksi akan lebih lincah dalam bermanuver di jalanan macet.

Sayangnya, beban yang ditarik mobil berpenggerak depan tidak bisa terlalu berat. Sistem penggerak depan pun membutuhkan perawatan ekstra, serta penopangnya harus lebih kuat, sehingga harganya cenderung mahal.

Next

Rear Wheel Drive (RWD)

Sementara itu, mobil berpenggerak belakang menawarkan handling yang lebih baik dan presisi ketimbang FWD. Dampaknya, pengendara bisa menikung dengan lebih cepat dan stabil.

Sistem RWD juga memiliki daya tahan yang lebih baik dibanding FWD. Memang akselerasinya tidak sekencang mobil FWD, tapi beban yang diangkut bisa cukup berat meski kapasitas mesinnya cenderung kecil.

Kelemahan dari mobil RWD ialah roda belakang lebih mudah tergelincir ketika menikung. Hal inilah yang membuatnya lebih dipilih oleh "drifter". Selain itu, sistem tersebut cukup jarang dijumpai pada mobil dengan harga di bawah Rp1 miliar dan lebih banyak terpasang di sportscar.

Loading