Sukses

Perlu Diketahui, Ini Waktu dan Biaya untuk Rekondisi Airbag Mobil

Otosia.com Fitur keselamatan mobil yang kerap dijumpai adalah airbag. Ketika terjadi kecelakaan, komponen ini memiliki peranan penting agar pengendara atau penumpang tak mengalami cedera parah atau kematian.

Karena fungsinya begitu vital di dalam mobil, lantas apakah airbag wajib servis berkala dan berapa biayanya? Berikut ini ulasannya yang dilansir dari laman resmi Hyundai Indonesia.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/ahm)

Next

Ketika airbag mobil sudah meledak maka tidak bisa diservis. Rekondisi yang dilakukan adalah dengan menutup kembali permukaan dasbor yang pecah.

Caranya, dengan memanfaatkan part asli bawaan kendaraan itu sendiri. Disebutkan, perbaikan tersebut makan waktu tiga sampai empat hari.

Next

Bicara biaya, sebagai contoh kemudi yang airbag-nya sudah meledak dan dilakukan rekondisi. Urusan ongkos, rekondisi dasbor dan kemudi, biayanya sekitar Rp 1,5 juta tergantung mobilnya.

Pada dasarnya tidak ada patokan resmi kapan airbag harus mendapat perawatan rutin layaknya komponen lain. Namun, bukan berarti airbag merupakan kategori komponen free maintenance.

Next

Pastikan kondisi airbag

Agar bisa mengetahui kondisi airbag, ada cara mudahnya, yakni memperhatikan indikator airbag yang ada di instrument cluster. Pemilik mobil cukup melihat apakah indikator airbag itu menyala saat kunci mobil mulai diputar.

Jika kunci mobil sudah dalam kondisi on tetapi indikator airbag terus menyala, maka bisa saja ada masalah pada airbag atau komponen penunjangnya.

Penulis: Arief Aszhari

Sumber: Liputan6.com

Loading