Sukses

Jangan Sepelekan Motor Sering Kehabisan Bensin, Bisa Berakibat Fatal

Otosia.com Bahan bakar bagai asupan makanan bagi kendaraan bermotor. Tanpa adanya bahan bakar, kendaraan pun tak akan mau dipakai jalan, termasuk sepeda motor.

Pemilik sepeda motor juga perlu teliti agar tak lupa mengisi bensin. Terkadang, karena suatu alasan, ada pemilik motor yang lupa untuk mengisi bensin sehingga tangki menjadi kering.

Sejatinya, terlalu sering membiarkan tangki motor tidak ada bahan bakarnya, akan mengakibatkan dampak yang buruk. Berikut, seperti dilansir laman resmi Federal Oil, beberapa dampak buruk membiarkan tangki motor tidak ada bensinnya:

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/tys)

Next

1. Tangki motor bisa berkarat

Tangki motor yang sering kehabisan bensin akan memberikan dampak yang kurang baik. Hal itu dikarenakan jika tangki bensin sering kosong, maka permukaannya akan mudah berkarat.

Mengatasi hal semacam ini, pemilik sangat dianjurkan untuk mengisi tangki motor dengan bahan bakar yang penuh, atau setidaknya cukup untuk merendami tangki motor.

 

Next

2. Adanya Endapan Kotoran di Bahan Bakar

Jika tangki motor sudah karatan, maka lama-lama karat tersebut akan terendap dan mengotori bahan bakar.

Bila hal ini sudah terjadi, sangat disarankan untuk menguras tangkinya terlebih dahulu. Hal semacam ini juga bisa terjadi pada motor yang sudah sangat lama tidak digunakan.

Demi keamanan, pemilik bisa melakukan pengurasan tangki di bengkel resmi.

Adapun pengurasan tangki motor ini sendiri bertujuan agar bahan bakar yang diisikan selanjutnya tidak terkontaminasi dengan karat atau kotoran yang sebelumnya terendap di dalam tangki.

Next

3. Fuel Pump Bisa Terganggu

Endapan karat dan kotoran yang berada di dalam tangki motor jika tidak segera diatasi juga akan berdampak pada terganggunya fungsi fuel pump.

Akibatnya, sistem distribusi bahan bakar dari tangki motor ke mesin akan bermasalah. Efeknya, bisa membuat motor Anda ngadat dan mogok alias tidak mau dinyalakan mesinnya.

Next

4. Masalah hingga ke Karburator atau Injektor

Kebiasaan membiarkan tangki motor ternyata bisa menjadi hal yang sangat serius.

Ketika fuel pump sudah tergaggu dengan adanya karat dan kotoran, maka hal ini bisa menyebar hingga menggangu kinerja karburator ataupun injektor.

Padahal karburator dan injektor ini merupakan bagian yang sangat penting dalam sistem pembakaran bahan bakar motor.

Jika komponen ini kerjanya terganggu, maka bisa dibayangkan sendiri bagaimana akibatnya untuk motor kesayangan.

Penulis: Arief Aszhari

Sumber: Liputan6.com

Loading