Sukses

Honda HR-V e:HEV, Mobil Hybrid Pertama Honda di Indonesia?

Otosia.com Belum lama ini Honda Jepang telah merilis teaser dari Honda Vezel e:HEV. Mobil SUV tersebut dijadwalkan meluncur di Negeri Sakura pada 18 Februari 2021 mendatang.

Seperti namanya, SUV yang lebih akrab disapa Honda HR-V di Indonesia itu dipastikan akan dibekali varian mesin hybrid. Selain dapur pacu baru, Honda HR-V e:HEV ini nantinya juga mendapat ubahan di eksterior, interior, dan fiturnya.

Hanya saja, pihak PT Honda Prospect Motor (HPM), agen pemegang merek (APM) mobil Honda di Indonesia, masih belum menunjukkan gerak-gerik untuk memboyong Honda HR-V e:HEV ke pasar otomotif Tanah Air.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/crn)

Next

"Sekarang ini (penjualan) Honda HR-V masih bagus. Penerimaan di masyarakat masih bagus. Kami juga fokus terhadap model yang kami pasarkan sekarang. Tentunya, untuk produk baru, kami pertimbangkan baik-baik, kita lihat saja saat ini kondisi pasar dan kebutuhan konsumen seperti apa," terang Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM kemarin (18/1).

Yusak pun menjelaskan bahwa pihaknya memang sedang mempelajari kondisi pasar mobil hybrid di Indonesia. Hanya saja, PT HPM saat ini tengah berfokus untuk membuat mesin konvensional yang lebih ramah lingkungan.

"Mengganti mesin bensin dengan motor listrik, ada hybrid, plug-in hybrid, dan baterai, itu memang salah satu langkah memperbaiki kualitas udara. Tapi ada berbagai pengembangan teknologi ramah lingkungan lainnya, contohnya mesin yang hemat bahan bakar dan emisi yang lebih bersih," tambah Yusak.

Next

Artinya, kecil kemungkinan Honda HR-V e:HEV akan menjadi mobil hybrid pertama Honda di Indonesia. Tapi, PT HPM berjanji untuk menghadirkan mobil bermesin konvensional dengan emisi gas buang yang rendah.

Selain itu, penerimaan masyarakat terhadap Honda HR-V model terkini di Indonesia juga masih sangat tinggi. Mobil tersebut bahkan masih menjadi SUV compact terlaris dengan angka penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) yang susah diimbangi oleh rival-rival sekelasnya.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), selama 2020 kemarin, Honda HR-V berhasil mencatatkan penjualan wholesales sebanyak 13.021 unit. Sementara itu, kontribusi terbesar sepanjang tahun lalu disumbangkan oleh Honda HR-V 1.5L E CVT Special Edition dengan angka distribusi mencapai 7.767 unit.

Loading