Sukses

Tata Cara Tayamum Lengkap dengan Doa, dan Artinya, serta Sebab Dibolehkan Tayamum di Dalam Mobil

Otosia.com Meskipun Otolovers suka touring, kewajiban sebagai muslim tak boleh ditinggalkan. Ketika hendak melakukan salat, Otolovers diwajibkan untuk berwudhu dulu atau mensucikan diri. Namun dalam kondisi tertentu, berwudhu bisa digantikan dengan tayamum.

Tayamum sendiri bisa menggantikan berwudhu saat dalam kondisi terdesak, seperti sakit keras, dalam perjalanan jauh, hingga tidak ada air.

Seperti dalam firman Allah di al-Qur’an surah keempat, an-Nisa ayat 43 : "Jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu".

Untuk itu agar tak keliru lebih dulu harus mengetahui cara tayamum dan doanya.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/ahm)

Next

Tata Cara Tayamum

1. Siapkan tanah berdebu atau debu yang bersih. Apabila Otolovers sedang dalam perjalanan, bisa dengan jendela yang bersih.

2. Ketika posisi Otolovers sedang sakit parang di kamar atau rumah sakit, pilih dinding berdebu yang sekiranya bersih dari kotoran cicak.

3. Kemudian menghadap kiblat, ucapkan basmalah. Letakkan kedua telapak tangan pada debu dengan posisi jari-jari tangan dirapatkan.

4. Lalu usapkan kedua telapak tangan pada seluruh wajah Otolovers, disertai membaca niat dalam hati. Salah satu bacaan niat tayamum : NAWAITUT TAYAMMUMA LISSTIBAAHATISH SHALAATI FARDLOL LILLAAHI TAAALAA.

5. Artinya: Aku niat melakukan tayamum agar dapat mengerjakan shalat fardlu karena Allah taala.

6. Tayamum berbeda dengan wudhu, tidak disyaratkan mengusap pad abagian-bagian yang ada di bawah rambut atau bulu wajah, baik yang tipis maupun tebal. Terpenting meratakan debu pada seluruh bagian wajah.

7. Selanjutnya, letakkan lagi telapak tangan pada debu, sebaiknya di tempat yang berbeda dari letak yang pertama tadi. Kali ini jari-jari direnggangkan, jika ada cincin pada jari dilepas dulu sementara.

8. Kemudian usap telapak tangan kiri pada punggung tangan kanan ke arah bagian dalam lengan hingga siku. Lanjutkan dari telapak tangan kanan untuk mengusap punggung tangan kiri hingga siku.

9. Terakhir, usapkan bagian jempol kiri ke bagian punggung jempol kanan. Selanjutnya lakukan hal yang sama pada tangan kiri.

10. Pertemukan kedua telapak tangan dan usap-usapkan di antara jari-jari.

Next

Doa Usai Melakukan Tayamum

Layaknya selesai dari berwudhu, setelah tayamum membaca doa yang sama, yakni

Asyhadu Allaa Ilaaha Illalloohu Wandahuu Laa. Syariika Lahu Wa Asyhadu Anna Muhammadan "Abduhuuwa Rosuuluhuu, Alloohummaj"alnii Minat Tawwaabiina Waj"alnii Minal Mutathohhiriin.

Artinya: Aku mengaku bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci (sholeh).

Next

Sebab Dibolehkannya Tayamum

Mengikuti dalil firman Allah dalam al-Quran, setidaknya ada dua sebab pasti diperbolehkannya tayamum. Pertama, karena kondisi yang sakit berat dan ketiadaan air. Kedua, ketika dalam keadaan bepergian, sepulang dari buang air, atau junub.

Pada dasarnya, tayamum sendiri merupakan cara bersuci selain wudhu, naun bisa dilakukan jika hanya dalam kondisi terpaksa. Seperti kekeringan yang sulit mendapatkan air.

Next

Aturan Tayamum yang Tepat

1. Bersuci dengan tayamum harus dilakukan setelah masuk waktu sholat.

2. Hanya boleh dilakukan sekali ketika kondisi terpaksa, untuk waktu sholat tersebut. Apabila sesudahnya bisa menemukan air atau sudah sembuh, mengerjakan bersuci dengan wudhu lagi.

3. Tanah yang digunakan harus bersih, lembut dan berdebu. Maksudnya bukan tanah basah, tidak tercampur dengan tepung, kapur, batu, tinja, dan kotoran lainnya.

4. Tayamum hanya sebagai pengganti wudhu dan mandi besar, bukan menghilangkan najis. Artinya sebelum tayamum, najis di badan harus dihilangkan terlebih dahulu.

5. Satu kali tayamum untuk satu kali sholat fardhu.

6. Bersuci dengan tayamum memiliki enam rukun, yakni niat dalam hati, mengusap wajah, mengusap kedua tangan, dan tertib. Berbeda dengan wudhu yang memiliki enam rukun.

Next

Cara Tayamum di Kendaraan

Tayamum di Mobil dan Kereta

Otolovers bepergian jauh menggunakan mobil atau kereta selama lebih dari 8 jam hingga menabrak waktu salat fardhu. Cara bertayamum di mobil dan kereta memiliki kesamaan. Syarat utamanya tadi, selama Otolovers tidak dapat menemukan air untuk berwudhu dan tidak ada masjid untuk rehat sejenak.

Kekhawatiran tertinggal waktu salat fardhu yang sebentar, seperti maghrib. Hingga keburu bebarengan dengan salat isya, tentunya Otolovers tidak mau meninggalkan keduanya bukan?

Pilih permukaan kendaraan, seperti jendela atau kursi depan Otolovers untuk mendapat debu untuk bersuci. Tata cara melakukan tayamum selanjutnya sama dengan yang telah dijelaskan sebelumnya.

Next

Tayamum di Pesawat

Kesibukan mengharuskan Otolovers banyak melakukan perjalanan ke kota, pulau hingga luar negeri. Terkadang membutuhkan waktu panjang di dalam pesawat, hingga tidak memungkinkan wudhu di kamar mandi pesawat apalagi berhenti sejenak di masjid.

Ketika sudah memasuki waktu salat fardhu, Otolovers dapat tayamum menggunakan kaca pesawat, atau badan di samping jendela, atau bagian atas yang sekiranya ada sedikit debu dan tempat bersih. Selanjutnya lakukan langkah tayamum seperti yang disebut di atas.

Nah, itu tadi merupakan tata cara tayamum beserta doa dan artinya, serta sebab dibolehkannya melakukan hal tersebut sesuai dengan anjuran agama Islam.

Penulis: Kurnia Azizah

Sumber: Merdeka.com

Loading