Sukses

Simulasi Buka Tutup Jendela Mobil Agar Terhindar dari Corona (COVID-19)

Otosia.com Banyak yang menduga bahwa membuka jendela mobil seluruhnya bisa meminimalisir penularan COVID-19, karena sirkulasi udara menjadi sangat baik. Namun apakah benar demikian?

Melansir Car and Driver, membuka seluruh jendela mobil merupakan opsi teraman. Karena pergantian udara atau Air Changes per Hour (ACH) terjadi begitu cepat. Sehingga udara-udara yang membawa potensi virus mudah keluar.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/ahm)

Next

Namun jika membuka seluruh jendela mobil membuat tidak nyaman, maka opsi kedua adalah membuka tiga jendela. Jendela yang dibuka adalah yang ada di bagian penumpang belakang (belakang penumpang depan).

Selanjutnya, opsi ketiga adalah dengan membuka dua jendela. Disarankan untuk membuka jendela pada sisi penumpang depan dan sisi penumpang yang berada di belakang pengemudi. Kondisi ini memungkinkan tercipta "tirai udara" di antara dua penumpang kendaraan.

Meski simulasi buka tutup jendela ini dinilai cukup efektif dalam meminimalisir penularan COVID-19, setiap pengemudi dan penumpang tetap diharuskan memakai masker.

Next

Simulasi buka tutup jendela mobil ini sendiri merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa University of Massachusetts Amherst dan Brown University, Amerika Serikat.

Penelitian tentang pola aliran udara di kabin mobil dalam memengaruhi penularan COVID-19 antara pengemudi dan penumpang ini dilakukan terhadap Toyota Prius yang melaju dengan kecepatan 50 mph.

Loading