Sukses

Piringan Rem Cakram Bergelombang, Apa Keunggulannya?

Otosia.com Berbagai motor di Indonesia saat ini sudah menggunakan rem cakram dengan pinggiran bergelombang atau wave disc-brake. Tentu ada sejumlah alasan di balik penggunaan komponen tersebut.

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) menyebut setidaknya ada 3 keunggulan dari penggunaan wave disc-brake.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/crn)

Next

"Wave disc-brake itu pelepasan panasnya lebih baik dibanding yang bulat biasa. Karena luas permukaannya lebih sedikit. Kalau suhu piringan itu dingin, pengereman bisa lebih pakem," terang Endro saat berbincang dengan redaksi Otosia belum lama ini.

"Selain itu, wave disc-brake juga tidak cepat kotor. Titik pertemuan antara piringan cakram dengan kaliper itu kan berselang, jadi kotoran tidak menumpuk di kampas rem," tambahnya.

Next

Endro pun menyebut bahwa keunggulan ketiga dari wave disc-brake adalah kosmetik. Dengan komponen tersebut, tampilan motor terlihat makin gahar dan sporty.

Meski demikian, kampas rem cakram model bergelombang tidak ada bedanya dengan piringan yang bulat sempurna. Artinya, penggantian komponen ini terbilang sangat mudah dan selalu ada di jaringan bengkel resmi motor yang bersangkutan.

Loading