Sukses

Cara Praktis dan Mudah Mencuci Helm Sendiri di Rumah

Otosia.com Helm merupakan perlengkapan berkendara yang wajib dipakai oleh pengendara motor. Bukan hanya untuk mematuhi aturan lalu lintas, tetapi juga menjaga keselamatan diri. Pasalnya helm berfungsi melindungi bagian kepala apabila terjadi kecelakaan.

Melihat fungsi vital penggunaan helm, maka penting bagi siapa pun untuk memilih helm terbaik dan ternyaman sesuai dengan kebutuhan. Selain memilih helm yang tepat demi kenyamanan, penting juga bagi kamu untuk menjaga kebersihan helm yang kamu pakai.

Helm yang tidak dibersihkan bisa menimbulkan bakteri dan bau tidak sedap. Untuk helm yang dipakai harian harus selalu dijaga kebersihannya, maksimal sebulan sekali harus dicuci. Jika tak mau mengalami masalah penyakit kulit karena kondisi helm yang kotor, maka rajin-rajinlah mencuci helm secara berkala agar kondisinya kembali segar dan terhindar dari berbagai macam bakteri penyebab penyakit.

Tak harus dicuci di tempat laundry kamu bisa mencucinya sendiri di rumah, selain hemat juga sangat mudah dilakukan. Berikut cara mencuci helm sendiri di rumah yang telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com pada Kamis, (28/1/2021).

 

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/ahm)

Next

Cara Mencuci Helm Sendiri di Rumah

Langkah pertama adalah mencopot semua padding helm, termasuk busa bagian atas. Namun perlu diingat juga, jangan sampai melepas padding dengan kasar. Sebaiknya melepas padding secara perlahan agar tak rusak.

Kedua, siapkan air hangat secukupnya untuk merendam padding. Jangan lupa siapkan ember, sabun atau shampo serta sikat gigi halus untuk menyikat padding helm yang kotor.

Isi air hangat di ember dan campurkan shampo secukupnya, lalu aduk rata. Setelah itu, masukkan semua padding ke dalam ember. Tunggu 5-10 menit agar kotoran rontok dan kuman mati.

Next

Cara Menjemur yang Benar

Setelah 10 menit dan air mulai dingin, ambil kembali padding. Gosok menggunakan sikat gigi bekas. Langkah ini dilakukan untuk menghilangkan noda atau kotoran, sehingga padding terlihat kembali kinclong.

Setelah itu rendam dengan air dingin menggunakan ember lainnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari kotoran mengendap pada padding.

Selanjutnya, keluarkan padding lalu jemur di panas matahari. Sebaiknya padding basah jangan langsung diperas agar busa dalamnya tidak rusak.

Setelah benar-benar kering, pasang kembali di tempat semula dan berikan pewangi helm ke bagian busa. Jika sudah selesai, helm pun tak bau apek dan siap dipakai lagi.

Penulis: Novi Fuji Astuti

Sumber: Merdeka.com

Loading