Sukses

MotoGP 2021 di Depan Mata, Sirkuit Mandalika Apa Kabar?

Otosia.com MotoGP 2021 akan mulai digelar pada akhir Maret 2021 jika sesuai jadwal. Seri pembuka MotoGP 2021 akan digelar di Sirkuit Lossail, Qatar pada malam hari seperti musim-musim sebelumnya.

Pada musim ini, Indonesia juga berusa berpartisipasi menjadi tuan rumah MotoGP. Hingga saat ini, Indonesia masih menjadi negara penyelenggara cadangan dalam kalender MotoGP 2021. 

Segala fasilitas kini tengah disiapkan, termasuk Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat. Pembangunan terus dikebut agar memenuhi tenggat waktu untuk homologasi pada pertengahan tahun 2021.

 

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/tys)

Next

(c) Instagram/itdc_id

Sampai pertengahan Februari 2021, progres pembangunan Jalan Kawasan Khusus (JKK) Sirkuit Mandalika sudah mencapai 58 persen secara keseluruhan. Seperti dilansir dari akun Instagram resmi Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) @itdc_id, seluruh ground work, pemasangan pagar beton keliling JKK, dan timbunan tanah, serta ground improvement sudah diselesaikan pada akhir Januari 2021.

Sementara itu, konstruksi yang kini sedang dikerjakan yakni Aspal AC-Base Track, pemasangan saluran Hauraton, Gravel Bed, Backfill Retaining Wall, penanaman rumput, dan pengaspalan service road sepanjang 1,8 kilometer. Menurut ITDC, pengaspalan Service Road perlu dilakukan dengan presisi tinggi untk menghasilkan permukaan yang halus dan terjaga dari kerusakan.

Next

(c) Instagram/itdc_id

Sebagai informasi, Service Road merupakan jalan layanan yang berada di belakang garis pertama perlindungan. Selain itu, pemasangan concrete barrier bervolume 9.903 kubik juga sedang dilakukan dengan target pada akhir Juni 2021.

Pembangunan concrete barrier tersebut menggunakan beton lokal sesuai standar FIA dan FIM yang menggunakan alat cetak dari Swiss, Jerman dan Vietnam.

Next

Aspal di Segmen Service Road Sirkuit Mandalika Pakai Produk Dalam Negeri

Pertamina turut ambil bagian dalam persiapan pembangunan Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Segmen service road Sirkuit Mandalika dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di sekitar sirkuit tersebut mendapa suplai aspal dari Pertamina.

"Adapun trial penggelaran aspal telah dilaksanakan sejak 17 November kemarin dan akan rutin dilakukan pengiriman mulai Desember sampai dengan selesai," ujar Unit Manager Communication & CSR Pertamina Regional Jatimbalinus, Deden. Mochammad Idhani, Senin (21/12/2020).

Sirkuit Mandalika sendiri memiliki panjang 4,31 kilometer dengan 17 tikungan. Pembangunan sirkuit untuk MotoGP 2021 itu pun terus dikebut meski di tengah pandemi COVID-19.

Next

Uji aspal Pertamina untuk Sirkuit Mandalika (Pertamina)

"Kerja sama dan koordinasi yang baik terus kami intensifkan untuk dapat merealisasikan cita-cita ini, dengan dukungan dari berbagai pihak dan instansi kami yakin dapat mencapai hasil yang baik untuk sirkuit Mandalika," kata Deden.

Dengan dipercayainya Pertamina dalam hal penyediaan aspal untuk pembangunan sirkuit bagi MotoGP Mandalika, Pertamina tentunya berharap hal ini dapat mendorong awareness bukan hanya bagi masyarakat Indonesia, tetapi juga masyarakat dunia tentang Indonesia dan juga Mandalika sebagai salah satu destinasi wisata favorit bagi turis domestic maupun mancanegara nantinya.

"Kami sangat senang dan bangga melihat produk Indonesia, yaitu produk Aspal Pertamina turut menjadi bagian dari elemen pembangunan Sirkuit Mandalika," ujar Direktur Strategi dan Komunikasi MGPA, Happy Harinto.

Loading