Sukses

Tak Ada Mobil Eropa, Mobil Baru dengan Pajak 0 Persen untuk Pabrikan Jepang dan China

Otosia.com Mulai 1 Maret 2021 hingga 31 Mei 2021 mendatang, membeli mobil baru akan lebih murah. Sebab, pemerintah memberlakukan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah atau PPnBM.

Sehingga, sejumlah mobil mendapatkan pengurangan harga yang bervariasi. Tak heran jika publik menunggu momen pengurangan harga itu untuk membeli mobil baru.

Hal ini rupanya berimbas pada penjualan mobil pada bulan Februari 2021. Seperti yang dialami oleh Daihatsu. Penjualan mobil Daihatsu disebut menurun dibandingkan pada Januari 2021.

Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra menyebut penyebab terbesarnya adalah kabar relaksasi PPnBM. Sehingga publik menunda pembelian mobil baru.

"Di bulan Februari setelah pengumuman PPnBM, umumnya masyarakat menunda pembelian, Saya sudah komunikasi dengan teman-teman Toyota, dan kondisinya sama. Masyarakat, membeli di bulan Maret karena diharapkan engine 1500cc mendapatkan relaksasi," katanya saat Daihatsu Virtual Press Conference, Jumat (19/2/2021) lalu.

 

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/tys)

Next

Sembari menunggu penerapan relaksasi PPnBM itu, publik pun menebak-nebak mobil apa saja yang akan menjadi lebih murah. Apalagi setelah pemerintah juga mengeluarkan syarat mobil apa saja yang termasuk dalam kategori mobil yang dikenai pajak 0 persen.

Kini publik tak perlu menebak lagi mobil mana saja yang bisa jadi referensi mereka untuk dibeli. Dalam lampiran Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 169 Tahun 2021, pemerintah memberikan daftar mobil baru yang termasuk dalam mobil dengan pajak 0 persen.

Dalam daftar tersebut ada 21 mobil yang mendapatkan keringanan pajak. Hanya saja, jika Otolovers ingin berharap ada nama mobil Eropa, jangan terlalu kecewa ya.

Next

Pasalnya, dalam daftar itu hanya ada 6 pabrikan mobil yang produknya mendapatkan relaksasi PPnBM. Di antaranya, Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, Honda, dan Suzuki, serta Wuling.

Mobil-mobil yang mendapatkan keringanan pajak itu harus memenuhi syarat, yakni kubikasi mesin di bawah 1.500cc, gardan tunggal, dan kandungan komponen lokal minimal 70 persen. Dalam Keputusan Menteri itu juga dirinci tentang jenis komponen yang dipakai, yang mana jumlahnya mencapai 115 jenis.

Berikut daftar mobil baru yang mendapatkan relaksasi PPnBM pajak 0 persen:

Next

1. Toyota Yaris

2. Toyota Vios

3. Toyota Sienta

4. Daihatsu Xenia

5. Toyota Avanza

6. Daihatsu Grand Max Minibus

7. Daihatsu Luxio

8. Daihatsu Terios

9. Toyota Rush

10. Toyota Raize

11. Daihatsu Rocky

12. Mitsubishi Xpander

13. Mitsubishi Xpander Cross

14. Nissan Livina

15. Honda Brio RS

16. Honda Mobilio

17. Honda BR-V

18. Honda HR-V

19. Suzuki New Ertiga

20. Suzuki XL-7

21. Wuling Confero

Loading