Sukses

Benarkah Jalur di Jakarta Ini Dikhususkan untuk Sepeda Motor?

Otosia.com Di media sosial Twitter beredar unggahan yang memerlihatkan kondisi jalan yang sedang macet. Namun ada satu jalur yang diklaim hanya diperuntukkan untuk sepeda motor di DKI Jakarta.

Unggahan tersebut bernarasi sebagai berikut:

"WOW KEREN SEKALI JALUR SEPEDA MOTOR DI JAKARTA".

 (kpl/ahm)

Next

Penelusuran

Hasil penelusuran terkait foto yang diklaim sebagai jalur sepeda motor di Jakarta menggunakan Google Image.

Foto tersebut berasal dari Detik.com yang diunggah pada Kamis (4/3/2021) artikel asli berjudul "Potret Jalur Sepeda Jalan Sudirman yang Diserobot Pemotor".

Next

Dalam keterangan foto tersebut bernarasi, Sejumlah pemotor melintas di jalur sepeda di Jalan Sudirman.

Sementara itu dilansir dari merdeka.com, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan pembangunan jalur sepeda permanen di Senayan-Thamrin, Jakarta Pusat. Ditargetkan selesai pada Maret. Anggaran untuk jalur tersebut berkisar Rp30 miliar.

"Saat ini sudah dalam proses konstruksi dan kita harapkan selesai bulan Maret, anggarannya sekitar Rp 30 miliar," ucap Syafrin di Balai Kota, Rabu (24/2).

Dia menyebutkan, anggaran yang digunakan untuk pembangunan jalur sepanjang 11,2 km itu tidak menggunakan APBD DKI. Tapi juga dari pihak swasta. "Dari kompensasi pihak ketiga," kata Syafrin.

Syafrin mengingatkan, kendaraan bermotor roda dua dilarang keras melintas di jalur sepeda. Sebab, sudah ada jalur khusus bagi kendaraan bermotor. Dia mengimbau agar para pengendara motor tidak melintas di jalur khusus sepeda.

"Pada prinsipnya Jakarta menyediakan ruang lalu lintas untuk berbagi," ucapnya.

Next

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran tersebut, disimpulkan bahwa foto tersebut bukanlah jalur khusus sepeda motor. Melainkan deretan pemotor yang nekat menerobos jalur sepeda di Jalan Sudirman.

Penulis: Syifa Hanifah

Sumber: Merdeka.com

Loading