Sukses

Yuk Ikuti Bicara untuk Setara: Perempuan Bukan Lagi Sekadar Pelengkap

Otosia.com Berdasarkan catatan sejarah, 8 Maret 1908 menjadi awal diperingatinya Hari Perempuan Sedunia. Awalnya bermula dari aksi para perempuan yang berbaris (march) di sepanjang Kota New York pada tanggal 28 Februari 1908.

Aksi ini mereka lakukan atas ketimpangan yang terjadi antara pekerja pria dan perempuan. Ketimpangan tersebut berkaitan dengan pemberlakuan jam kerja, upah dan fasilitas yang berbeda dari pekerja pria.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/ahm)

Next

Di hari yang sama, di tahun-tahun berikutnya, para perempuan mengadakan protes yang didukung oleh partai sosialis Amerika. Mereka mengadakannya di hari Minggu terakhir setiap bulan Februari hingga tahun 1913 dan akhirnya konsensus memutuskan tanggal 8 Maret diperingati sebagai Hari Perempuan Sedunia.

Ruang gerak dan bicara seakan dibatasi. Stigma dan label sebagai objek, membuat perempuan kerap menjadi pelengkap saja. Padahal perempuan dan pria memiliki hak yang sama.

Persamaan derajat antara perempuan dan pria bukan berarti mengecilkan peran pria dalam hidup perempuan. Sebagai perempuan, kita tetap membutuhkan kehadiran pria, karena hubungan perempuan dan pria adalah relasi jadi tidak ada yang lebih kuat atau merasa dilemahkan.

Next

Di bulan yang spesial ini FIMELA mengajakmu untuk berani berbicara dan mengungkapkan pendapat. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Amelia Ayu Kinanti, Editor in Chief FIMELA;

"Tahun ini dalam merayakan Hari Perempuan Internasional, FIMELA mengambil tema BICARA UNTUK SETARA. Karena menurut kami, saatnya perempuan sadar akan haknya, dan saatnya perempuan berani berbicara menuntut untuk setara. Perempuan tak harus menjadi pasif, menahan apa yang ada di hati dan pikirannya seperti yang diharapkan budaya patriarki. Tak selamanya diam itu emas, tahun ini saatnya bicara untuk setara.”

Next

Saatnya Perempuan Bicara untuk Setara
Di bulan spesial ini FIMELA mengajakmu untuk hadir di webinar Bicara untuk Setara pada tanggal 21 Maret 2021. Di minggu yang spesial tersebut kamu dapat berbincang seru tentang perntingnya makna setara bagi perempuan bersama Zoya Amirin, Poppy Dihardjo dan Amelia Ayu Kinanti.

Webinar Bicara untuk Setara ini akan dimulai pukul 12.00 WIB hingga selesai. Jadi pastikan kamu tidak ketinggalan keseruannya. Seperti yang disampaikan Editor in Chief FIMELA, Ayu Kinanti bahwa setara bukan berarti kita menggantikan laki-laki. Setara berarti bisa mendampingi, bukan hanya pelengkap. Setara berarti memiliki kesempatan yang sama dan terbebas dari diskriminasi juga stigma.

Yuk, daftarkan dirimu segera di sini.

Sumber: Fimela.com

Loading