Sukses

KNKT Ungkap Masalah di Bus Listrik yang Membahayakan

Otosia.com Ternyata masih ada beberapa masalah dalam kendaraan bus listrik yang masih ditemukan. Salah satunya adalah ruang penyimpanan baterai bus listrik yang keropos atau berkarat. Masalah ini ditemukan langsung oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Ketua KNKT, Soerjanto Tjahjono mengatakan, penyimpanan ruang baterai itu umumnya harus tahan karat. Sebab, jika ruang penyimpanan baterai mengalami karat akan menyebabkan aki jatuh.

"Maka itu saya sampaikan mereka sedang berusaha ruang baterai tidak mudah berkarat," jelasnya dalam diskusi Keselamatan Kelistrikan Mobil Bus, secara virtual, Kamis (18/3).

Dari hasil temuan KNKT, kendaraan bus listrik juga sering mengalami korsleting atau short circuit. Hal itu bisa terjadi karena isolasi kabel yang terbuka. Kemudian kabel yang digunakan tidak sesuai baik ukuran maupun jenisnya.

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/ahm)

Next

Keselamatan Transportasi Perlu Ditingkatkan untuk Genjot Pariwisata

Selain itu ada permasalahan lain yang ditemukan, yakni kebocoran arus listrik. Masalah ini bisa terjadi karena penyambungan kabel yang dilakukan kurang tepat atau terkena benda tajam.

Permasalahan seperti ini harus bisa diatasi, apalagi transportasi bus listrik menjadi andalan di sektor pariwisata.

"Masalah keselamatan transportasi ini umumnya adalah pariwisata yang bisa diandalkan, kalau pariwisata tidak dijamin bagaimana bisa mendatangkan pariwisata," jelasnya.

Penulis: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Loading