Sukses

Produsen Mobil Listrik Bangun Pabrik di Indonesia Mulai April 2021, Merek Apa?

Otosia.com Pemerintah Indonesia mulai serius masuk ke pasar mobil listrik. Bahkan Direktur Mega Proyek dan Energi Baru Terbarukan PT PLN (Persero), Muhammad Ikhsan Asaad mengatakan, pada April 2021 akan ada groundbreaking pabrik mobil listrik di Indonesia.

Namun sayangnya ia tidak merinci merek atau perusahaan apa yang akan membangun pabriknya di Tanah Air.

"Akan mulai ada groundbreaking pabrik mobil listrik di Indonesia. Sekarang dalam rangka finalisasi, sehingga kita harapkan pada awal April atau pertengahan April 2020 sudah ada salah satu produsen yang akan membuat pabrik mobil listrik di Indonesia," kata Ikhsan dalam Inspirato Sharing Session Liputan6.com pada Selasa (23/3).

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/ahm)

Next

Selain pabrik mobil listrik, pemerintah saat ini tengah mengembangkan ekosistem kendaraan listrik secara terintegrasi dari hulu sampai hilir. Salah satu modal utama RI yaitu pasokan sumber daya alam yang melimpah yaitu nikel dan kobalt.

Dijelaskan Ikhsan, sekitar 40 - 50 persen komponen mobil listrik ada pada baterai. Hal tersebut membuat harga jual baterai mahal, sehingga Indonesia bisa memanfaat pasokan nikel yang melimpah sebagai salah satu bahan baku pembuatan baterai tersebut.

Next

Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) baterai yaitu Indonesia Battery Corporation juga telah bekerja sama dengan dua hingga tiga perusahaan besar dunia untuk produksi baterai. Dua di antaranya sedang dalam tahap finalisasi.

"Kita akan bikin pabrik baterai di Indonesia. Kita bikin dulu pabrik baterainya, karena 40 persen komponen mobil listrik itu adalah baterai. Nanti dengan mudah kita bangun industrinya di Indonesia," jelasnya.

Reporter: Andina Librianty

Sumber: Liputan6.com

Loading