Sukses

Begini Tes Kesehatan saat Bikin atau Perpanjang SIM Secara Online

Otosia.com Saat ini masyarakat sudah tidak perlu membuat atau memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satpas, pasalnya Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah meluncurkan aplikasi pengurusan SIM secara online.

Aplikasi yang diberi nama Sinar (SIM Nasional Presisi) ini telah berlaku secara nasional. Masyarakat bisa mengunduhnya dari handphone berbasis Android dan iOS.

"Dengan pelayanan ini kami harapkan, tentunya pelanggaran-pelanggaran yang mungkin tejadi pada saat interaksi-interaksi yang dilakukan oleh oknum-oknum yang melakukan penyalahgunaan wewenang, tentunya dengan pelayanan online ini, itu bisa kami tekan dan kita bisa hapuskan," tutur Kapolri, dalam peluncuran SIM online secara virtual, Selasa (13/4/2021).

 

 

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/ahm)

Next

Lanjutnya, setelah masyarakat mengunduh aplikasi SINAR, kemudian melakukan registrasi SIM A dan SIM C. Layanan uji teori juga dilakukan secara online.

Sementara itu, untuk tes kesehatan, pemeriksaan psikologi, pemohon cukup memilih link E-Rikkes di aplikasi SINAR. Tes psikologi, pemohon hanya cukup memilih link E-PPSI.

Dalam tes kesehatan dan psikologi ini, pemohon harus menjawab pertanyaan agar bisa memenuhi syarat, dan seluruh soal-soal ini sudah terakreditasi oleh SSDM Polri.

Next

Dikirim Kurir

Kakorlantas Polri Irjen Istiono menambahkan, pemohon nantinya akan mendapatkan Virtual Account (VA) BNI sebagai sarana melakukan pembayaran pembuatan SIM secara online.

Kemudian dokumen yang sudah dicetak akan dikirim lewat kurir jasa pengiriman ke alamat pemohon.

"Ini buat orang-orang yang memang akrab teknologi saya pikir enggak ada masalah, bagi masyarakat kita, sebagian masyarakat bermasalah, tapi kita semua akan akomodir," kata Istiono.

Penulis: Arief Aszhari

Sumber: Liputan6.com

Loading