Sukses

Cegah Pemudik, Ini Daftar Titik Sekat Jalur Tikus di Jabar hingga Banten

Otosia.com Sebagai upaya pencegahan masyarakat yang nekat mudik, pihak kepolisian akan melakukan penyekatan di beberapa titik jalur tikus. Salah satunya adalah di kawasan Jabar-Banten.

Menurut Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, potensi pergerakan para pemudik melalui jalur tikus diprediksi akan kembali digunakan seperti pada tahun lalu. Antisipasi ini dilakukan untuk mengakali kebijakan larangan mudik yang telah diresmikan pemerintah.

Dalam pernyataan yang dimuat di Liputan6.com, Selasa (13/4) kemarin, ia menegaskan jika ada jalur-jalur di wilayah Jabar-Banten yang banyak dilalui kalangan pemudik tahun lalu. Berikut sejumlah titik tersebut:

 

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/ahm)

Next

Jalur Tikus yang Diduga Bakal Dilewati Berkaca pada Tahun Lalu

Ditinjau dari masa larangan mudik di tahun 2020 lalu, terdapat sejumlah jalur yang disinyalir digunakan sebagai titik strategis para pemudik. Beberapa di antaranya adalah jalur Pebayuran ke Kerawang, Cibarusa ke arah Cianjur, dan dari Tangerang ke arah Banten. Di kawasan tersebut akan didirikan pos pengamanan.

Ditlantas Polda Metro Jaya akan memfokuskan pemetaan di jalur tersebut mulai tanggal 6 Mei 2021, kemudian pihaknya akan terus melakukan pendataan terkait jalur mana saja yang berpotensi dilalui.

"Kami mapping dan akan kita dirikan pos pos pengamanan di titik-titik itu," ujar dia di Daan Mogot, Jakarta Barat.

Next

Titik Penyekatan Akan Dilakukan Juga di Lokasi Berikut

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, Ditlantas Polda Metro Jaya akan melakukan penyekatan di area-area sepanjang perbatasan Jakarta.

Lokasi tersebut yakni Tol Arah Cikampek kemudian Tol Arah Merak (Banten). Selanjutnya akan difokuskan di jalur arteri seperti Harapan Indah, Bekasi Kota, Jati Uwung, Tangerang Kota dan Kedung Waringin, Bekasi Kabupaten.

Tak hanya di kawasan jalan besar, penyekatan juga akan dilakukan di tiga terminal kawasan DKI Jakarta yakni Pulo Gebang, Jakarta Timur, Kampung Rambutan, Jakarta Timur dan Kalideres, Jakarta Barat.

Next

Berlaku Bagi Mobil dan Motor

Sambodo melanjutkan, penyeleksian tersebut nantinya akan diberlakukan segala jenis kendaraan pribadi, mulai dari mobil hingga motor yang hendak meninggalkan wilayah Jabodetabek.

"Kami melakukan pemeriksaan dan penyekatan tidak hanya kepada roda empat atau lebih, tetapi juga pemudik yang menggunakan sepeda motor,” ujarnya.

Tak hanya itu saja, pihaknya juga akan mendirikan delapan pos penjagaan di wilayah yang telah disebutkan sebelumnya, seperti di ruas jalan tol, arteri, dan terminal.

"Delapan titik itu adalah delapan titik utama di jalur arteri dan tol yang nanti akan dijaga oleh polda dan polres," pungkasnya.

Penulis: Nurul Diva Kautsar

Sumber: Merdeka.com

Loading