Sukses

Apa yang Harus Dilakukan saat Terjadi Gempa ketika sedang Mengemudi atau di Dalam Bus?

Otosia.com Gempa magnitudo 6,2 SR menggoyang Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Jumat (21/5/2021) malam. Menurut data BMKG, gempa yang terjadi di kedalaman 110 meter dan tidak berpotensi tsunami.

Meski begitu, BMKG mengibau warga agar berhati-hati dengan gempa susulan. "Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi," tulis akun BMKG.

Peristiwa ini adalah kedua kalinya terjadi di Jawa Timur dalam kurun waktu dua bulan. Masyarakat perlu memahami tindakan apa yang harus dilakukan ketika terjadi bencana.

 

 (kpl/tys)

Next

Jika sedang berada di dalam gedung, segera mencari perlindungan dengan cara keluar gedung jika memungkinkan atau mencari perlindungan di bawah meja atau benda lain yang bisa melindungi dari reruntuhan.

Namun bagaimana jika sedang berkendara, baik sedang mengemudi mobil atau sedang berada di dalam bus?

Next

Saat di Dalam Bus

Menurut laman resmi Nagoya Internaitional Center, jika sedang berada di dalam bus, hal pertama yang harus dilakukan penumpang adalah berpegang erat pada bar atua besi pegangan yang afa pada atas kepala atau jendela.

JIka tidak ada yang bisa dijangkau, maka menunduklah sampai dada menempel pada paha dalam posisi duduk. Ketika bus berhenti, ikuti instruksi pengemudi untuk keluar dari bus.

Semua prosedur tetap harus dilakukan dalam kondisi tenang. Jika panik, bisa menyulitkan evakuasi diri sendiri dan orang lain.

Next

Saat Mengemudi Mobil

Gempa bumi bisa menjadi sangat berbahaya jika Otolovers sedang mengendarai mobil. Jika gempa terjadi saat Otolovers mengemudi, tetap tenang dan kendalikan kemudi dengan stabil.

Pegang setir dengan kuat, lalu pelan-pelan menepilah. Matikan mesin mobil dan biarkan pintu mobil tidak terkunci.

Pintu mobil yang tidak terkunci akan menjadi akses orang lian untuk menyelamatkan Otolovers di dalam mobil jika terjadi keadaan yang lebih darurat. Tunggu di mobil dan dengarkan radio atau cari informasi penting apa pun yang bisa membantu Otolovers.

Ketika getaran gempa berkurang, tinggalkan mobil dan carilah tempat berlindung yang aman. Jangan lupa untuk mengunci mobil.

Sumber: Liputan6.com

Loading