Sukses

Catat, Ini Syarat Berkendara Selama PPKM Level 4

Otosia.com Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 mulai hari ini 26 Juli hingga 2 Agustus 2021 mendatang.

Sama seperti aturan PPKM di periode sebelum-sebelumnya, ada beberapa ketentuan jika Otolovers terpaksa melakukan perjalanan domestik, baik itu berkendara menggunakan mobil pribadi, sepeda motor, dan transportasi umum jarak jauh (pesawat udara, bis. kapal laut dan kereta api).

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/ahm)

Next

Nah, berikut ini syarat berkendara selama PPKM Level 4 yang dilansir dari postingan akun Instagram @divisihumaspolri pada Minggu (25/7/2021).

1. Menunjukkan kartu vaksin (minimal vaksinasi dosis pertama);

2. Menunjukkan PCR H-2 untuk pesawat udara serta Antigen (H-1) untuk moda transportasi mobil pribadi, sepeda motor, bis, kereta api dan kapal laut;

3. Ketentuan sebagaimana dimaksud pada angka 1) dan angka 2) hanya berlaku untuk kedatangan dan keberangkatan dari dan ke Jawa dan Bali serta tidak beralku untuk transportasi dalam wilayah aglomerasi sebagai contoh untuk wilayah Jabodetabek;

4. Sopir kendaraan logistik dan transportasi barang lainnya dikecualikan dari ketentuan memiliki kartu vaksin.

Next

Sementara itu, di periode PPKM kali ini Jokowi menyampaikan bahwa pasar rakyat yang menjual sembako bisa buka seperti biasa. Namun pelaku usaha harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Dan pasar rakyat yang menjual selain kebutuhan pokok sehari-hari bisa buka dengan kapasitas maksimum 50 persen sampai dengan pukul 15.00 WIB," katanya dalam konferensi pers, Minggu (25/7) yang dikutip dari Merdeka.com.

Next

Sedangkan untuk pedagang kaki lima, toko kelontong, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan usaha-usaha kecil lain yang sejenis diizinkan buka sampai pukul 21.00 WIB. Namun mereka harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Kemudian untuk warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan, dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai pukul 20.00 WIB. Adapun maksimum waktu makan untuk setiap pengunjung 20 menit.

"Pengaturan lebih lanjut mengenai jam buka tersebut akan dilakukan oleh Pemda," tutupnya.

Loading