Sukses

7 Rekomendasi Kampus Negeri yang Buka Jurusan Tata Busana dan Prospek Kerjanya

Otosia.com Kuliah di jurusan tata busana memiliki prospek kerja yang cukup bagus. Hal ini didasari perkembangan dunia mode yang begitu cepat dan dinamis.

Atas hal tersebutlah, banyak anak muda yang kepincut untuk kuliah di jurusan tata busana. Mahasiswa di jurusan ini akan belajar tentang teknik mendesain, membuat pola, menjahit, hingga seluk beluk produksi busana atau fashion. Selain itu, juga diajari tentang analisis tren, marketing, dan manajemen bisnisnya.

Biasanya di akhir semester, mahasiswa jurusan tata busana akan mengadakan fashion show sebagai tugas akhir mereka.

Ada cukup banyak rekomendasi kampus negeri yang membuka jurusan tata busana. Bahkan ada yang sampai berjenjang dari Diploma 2 (D2), Diploma 3 (D3), Diploma 4 (D4), dan Strata 1 (S1). Namun di beberapa kampus swasta, jurusan ini dinamai Fashion Design.

Agar semakin tahu kampus mana saja yang membuka jurusan tata busana dan prospek kerjanya, berikut ini 7 rekomendasi kampus negeri dengan jurusan tata busana terbaik di Indonesia.

 (kpl/ahm)

Next

Prospek Kerja Jurusan Tata Busana

(c) Otosia

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, lulusan dari jurusan tata busana dididik untuk terjun ke dunia fashion dan mode. Selain itu, mereka juga disiapkan untuk menjadi guru SMK. Karena memang cukup banyak kampus negeri penyedia jurusan tata busana yang memasukkan keilmuan ini dirumpun pendidikan.

Selain itu, ada banyak profesi yang bisa digeluti lulusan jurusan ini, seperti perancang busana atau desainer, konsultan fashion, pattern maker, fashion stylist, fashion illustrator, hingga jurnalis fashion.

Tak hanya sederet profesi itu saja, para lulusan jurusan tata busana juga bisa terjun di dunia bisnis, baik itu mengembangkan merek fashion sendiri atau bekerja di perusahaan besar.

Next

Rekomendari Kampus Negeri dengan Jurusan Tata Busana

(c) Otosia

1. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menjadi salah satu dari beberapa kampus negeri yang membuka S1 Pendidikan Tata Busana. Lulusan dari jurusan yang telah terakreditasi BAN-PT dengan nilai A ini disiapkan untuk menjadi tenaga akademik atau profesional yang bermutu, bertanggung jawab dan mandiri di bidang pendidikan tata busana.

Selain Strata 1 (S1), UNJ juga membuka jenjang Diploma 3 (D3) tata busana yang lulusannya diharapkan dapat bekerja sebagai fashion designer, fashion stylist, fashion buyer, wardrobe designer, dan lainnya.

2. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Jawa Barat turut membuka Program Studi Pendidikan Tata Busana. Prodi ini masuk ke Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP).

Tujuan dari Prodi Pendidikan Tata Busana UPI adalah mendidik mahasiswanya agar memiliki kompetensi pedagogik, sosial, dalam bidang tata busana. Harapannya bisa berkarya sesuai standar pasar kerja baik di bidang pendidikan maupun nonkependidikan. Saat ini, Prodi Pendidikan Tata Busana UPI telah terakreditasi BAN-PT dengan nilai A.

Next

3. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Program Studi Pendidikan Tata Busana masuk ke Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang (UNNES). Prodi yang telah mengantongi Akreditasi B ini bertujuan untuk menghasilkan sarjana pendidikan (S1) yang unggul dan profesional.

Harapannya lulusan prodi ini mampu menggeluti berbagai macam profesi di bidang tata busana, seperti guru Sekolah Menegah Kejuruan (SMK), pegawai negeri sipil (PNS), instruktur atau staf pengajar, staf manajemen, dan wirausaha.

4. Universitas Negeri Malang (UM)

Universitas Negeri Malang (UM) yang dulunya bernama IKIP Malang juga membuka Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana. Prodi ini masuk ke dalam Jurusan Teknologi Industri.

Tujuan pendidikan prodi dengan Akreditasi B ini adalah untuk menghasilkan lulusan yang cerdas, kompetitif, mandiri, dan mampu berkembang secara profesional dalam bidang pendidikan teknologi busana.

Next

5. Universitas Negeri Makassar (UNM)

Universitas Negeri Makassar (UNM) juga membuka S1 Pendidikan Tata Busana dan D3 Tata Busana yang masuk ke dalam Fakultas Teknik. Kompetensi utama lulusannya adalah memahami prinsip dasar tata busana sesuai perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Materi kuliah yang diajarkan seperti eknik Dasar Menjahit Busana, Pengetahuan dan Pemeliharaan Alat Jahit, Konstruksi Pola Dasar dan Pecah Pola, Dasar Seni dan Desain, Menggambar Mode, Pembuatan Busana Wanita, Pengetahuan Tekstil, Etika Profesi Bidang Busana, Pembuatan Busana Anak, Kriya Tekstil, Tailoring, dan Manajemen Usaha Busana.

Next

6. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjadi kampus negeri yang menyediakan jurusan tata busana. Kampus ini membuka S1 Pendidikan Teknik Busana dan D3 Teknik Busana yang masuk ke Fakultas Teknik UNY.

Beberapa mata kuliah yang dipelajari adalah Konstruksi Pola Busana, Teknologi Tekstil, Sejarah Mode, Desain Busana, Grading Pola Busana, Teknologi Batik, Teknologi Bordir, Manajemen Peragaan Busana, dan lainnya.

7. Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Universitas Negeri Surabaya (UNESA) membuka jurusan tata busana baik S1 atau D3 yang masuk ke dalam Fakultas Teknik. Mahasiswa akan mendapatkan 133 SKS wajib dan 17 SKS pilihan. Mata kuliah yang diajarkan seperti Pengelolaan Usaha Busana, Desain Mode, Busana Pria, Busana Wanita hingga Cipta Karya Busana dan Praktik Kerja Lapangan (PKL).

Loading