Sukses

Mau Irit BBM Pakai Yamaha NMax saat Touring, Begini Caranya

Otosia.com Konsumsi bahan bakar yang irit menjadi salah satu acuan konsumen ketika memilih sepeda motor. Konsumsi bahan bakar tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, mulai dari jalan yang dilalui, beban hingga gaya berkendara.

Agar pemakaian BBM lebih efisien, gaya ebrkendara pun bisa dikontrol. Pada motor-motor terbaru, biasanya sudah dilengkapi eco indikator, dan canggihnya informasi tersebut bisa terhubung dengan ponsel.

Pada All New Yamaha NMax 155 Connected ABS misalnya. Salah satu fitur yang paling banyak menyedot perhatian publik adalah Y-Connect. Fitur ini menghubungkan pengendara dengan sepeda motor melalui perangkat bluetooth.

 

 (kpl/nzr)

Next

Ada beragam fungsi di dalamnya, salah satunya adalah gaya berkendara eco atau eco riding. Y-Connect dilengkapi dengan fungsi Revs Dashboard, yang memiliki Eco indicator sehingga bisa dijadikan acuan untuk berkendara dalam posisi irit.

Tidak hanya Eco indicator, pemilik motor juga bisa memanfaatkan fungsi Rank pada Y-Connect untuk mengumpulkan Eco point sebanyak-banyaknya dalam rangka memaksimalkan gaya berkendara irit tersebut. Artinya semakin sering berkendara dalam posisi Eco riding maka semakin besar pula Eco point yang diperoleh.

Untuk memastikan efektifitas dari gaya berkendara Eco itu sendiri, pengguna dapat mengecek konsumsi bahan bakar motor secara harian, bulanan atau tahunan melalui fungsi fuel consumption check di aplikasi Y-Connect.

Next

"Dari situ kita juga bisa mengatur gaya berkendara. Artinya kalo mau dapat rata-rata konsumsi bahan bakar yang bagus, ya cara riding kita juga dibuat lebih smooth. Sementara kalau mau kejar performa ya pasti riding lebih agresif," ungkap Bimo Ekosaputro pemilik NMax Connected ABS yang sering toruing ke Pantai Selatan Malang, Klayar Pacitan, dan Gunung Bromo.

Menurut Bimo, Eco Riding Indicator yang bisa dijadikan patokan korelasi gaya berkendara dengan tingkat pemakaian BBM. "Selama indikator mennyala, berarti cara riding kita sudah tepat untuk mengirit bensin," terangnya.

Loading