Sukses

Hoaks, PPKM Tidak Diperpanjang Hingga Hari Kiamat

Otosia.com Kabar yang menybutkan bahwa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diperpanjang hingga hari kiamat beredar di media sosial. Kabar tersebut dibagikan oleh akun Facebook Agust Rafiudin pada 26 Juli 2021.

Pada informasi yang disebar itu juga disertai dengan foto siaran televisi yang menayangkan pengumuman PPKM diperpanjang oleh Presiden Jokowi. Foto yang diunggah akun Facebook Agust Rafiudin mirip dengan tayangan di stasiun televisi Metro TV.

Dalam foto itu, terdapat tulisan sebagai berikut:

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/tys)

Next

"BREAKING NEWS

PPKM DILANJUTKAN HINGGA HARI KIAMAT"

"Lanjutkan Pak ????," tulis akun Facebook Agust Rafiudin.

Konten yang disebarkan akun Facebook Agust Rafiudin telah 19 kali dibagikan dan mendapat 96 komentar netizen.

Benarkah PPKM diperpanjang hingga hari kiamat? Berikut penelusurannya.

Next

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diperpanjang hingga hari kiamat.

Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "ppkm diperpanjang metro tv" di kolom pencarian situs berbagi video YouTube.

Hasilnya terdapat gambar serupa yang diunggah channel YouTube medcom id. Namun, tidak ada tulisan atau keterangan bahwa PPKM diperpanjang hingga hari kiamat.

 

Next

Berikut gambar tangkapan layarnya:

"Pemerintah resmi mengumumkan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 diperpanjang hingga 2 Agustus 2021. Namun perpanjangan PPKM level 4 ini dilakukan dengan sejumlah relaksasi terkait aktivitas dan mobilitas masyarakat secara bertahap," tulis channel YouTube medcom id pada 25 Juli 2021.

Referensi:

https://www.youtube.com/watch?v=Rdj3Upd3PK4

Next

Kesimpulan

Kabar tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diperpanjang hingga hari kiamat ternyata tidak benar.

Faktanya, PPKM level 4 diperpanjang hingga 2 Agustus 2021. Foto yang disebarkan akun Facebook Agust Rafiudin telah dimanipulasi.

Penulis: Hanz Jimenez Salim

Sumber: Liputan6.com

Loading