Sukses

Viral e-Toll Expired, Segini Batas Waktu di Jalan Tol dan Solusi Bila Mengalaminya

Otosia.com Belakangan jagat dunia maya dihebohkan dengan uang elektronik atau e-Toll yang mengalami kedaluwarsa. Hal itu disebabkan karena pengguna ajaln tol terlalu berlama-lama di rest area.

Dalam video viral yang diunggah oleh akun Tik Tok @campercar.id, pengemudi tidak bisa membuka Gardu Tol Otomatis (GTO). Mesin menunjukkan tarif Rp 71 ribu. Akan tetapi kartu e-Toll mengalami expired lebih dari 6 jam.

"Gara-gara ketiduran di rest area karena capek perjalanan antar propinsi. E tol kadaluarsa," tulis keterangan video tersebut.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/sdi)

Next

Netizen pun banyak mengomentari video tersebut. Banyak yang mempertanyakan dan juga tidak mengetahui penyebab kedaluwarsanya e-Toll tersebut.

Dalam situs resmi Toyota Astra disebutkan bahwa sistem tersebut memang sudah dijalankan oleh pengelola jalan tol. Namun, pengaplikasiannya masih untuk tol dengan sistem tertutup yang umumnya menempuh jarak jauh seperti tol Cikampek, Cipularang, Cipali dan ruas tol Trans Jawa lainnya.

Perhitungan

Batas waktu tempuh maksimal ini diterapkan sebagai sistem untuk memantau durasi perjalanan pengguna jalan tol. Data yang diperoleh bisa dijadikan acuan untuk membantu meningkatkan pelayanan kepada pengguna.

Kalkulasinya dihitung berdasarkan estimasi yakni 1,5 sampai dan 2 kali waktu tempuh normal.

 

Next

Sebagai contoh, ruas tol Cipularan memiliki jarak tempuh 54 Km, waktu tempuhnya jadi 4 jam. Ruas tol Padaleunyi punya jarak 34 Km, maka waktu tempuh maksimalnya 3 jam.

Kalau digabungkan antara kedua ruas tol (karena dioperasikan dengan sistem transaksi tertutup), maka jarak tempuh maksimalnya 4 jam, dengan rata-rata kecepatan 60 Km/jam.

Solusi e-Toll Expired

Ketika e-Toll mengalami kedaluwarsa, pengguna terpaksa harus mencari petugas yang ada di lapangan untuk minta bantuan untuk membayar melalui EDC.

Kamu tidak perlu khawatir karena Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) tidak memberikan sanksi denda atau membuat kartu e-Toll rusak dan tidak bisa dipakai lagi.

 

 

 

Next

Hanya saja, pada prosesnya pasti akan menyebabkan kemacetan bila volume kendaraan sedang padat.

Oleh karenanya, sangat disarankan untuk memperhitungkan batas waktu tempuh maksimal di atas.

Next

Loading