Sukses

Wuling Hongguang Mini EV akan Dibuat di Indonesia, Dijual Mulai 2022?

Otosia.com Wuling Hongguang Mini EV adalah mobil listrik kecil yang saat ini hanya dijual di China. Mobil itu dirillis pada bulan Juli tahun 2020. Menurut situs chinadaily.com.cn, Mini EV sudah mencapai angka penjualan lebih dari 370.000 unit sejak peluncurannya di Tiongkok.

Mobil listrik mini ini sempat terciduk diturunkan dari truk (car carrier) pada bulan Juli 2021 lalu. Namun kehadirannya di Indonesia pada waktu itu bersifat tidak resmi, bahkan video Mini EV di Indonesia dari unggahan akun YouTube Lukman Avengers telah hilang.

Namun demikian Wuling Hongguang Mini EV dikabarkan resmi dijual di Tanah Air pada tahun depan.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/dit)

Next

Mini EV dijual di Indonesia

Wuling Mini EV di Indonesia (Youtube/Lukman Avengers)

Melansir situs yang sama, Shao Jie, Company Executive Wuling, mengatakan bahwa Wuling berencana meluncurkan beberapa mobil listrik dengan platform GSEV yang termasuk di dalamnya adalah Wuling Mini EV. Mobil tersebut nantinya selain dijual di China juga akan diekspor ke sejumlah negara.

"Mulai tahun 2022 dan seterusnya, kami akan meluncurkan beberapa model dengan platform GSEV di China dan pasar negara luar," tutur Shao Jie.

Next

Shao tidak menyebutkan negara yang menjadi tempat peluncuran perdana mobil berbasis GSEV terserbut. Namun ia menjelaskan bahwa mobil dengan platform GSEV rencananya dibuat di Indonesia menjelang akhir tahun 2022. Produksi tersebut merupakan bagian dari dukungan Wuling kepada pemerintah Indonesia dalam percepatan elektrifikasi di tanah air.

"Kami akan berpartisipasi secara aktif dalam penyusunan kebijakan NEV (New Electic Vehicle) dan standar industri yang relevan. Dan kami akan berbagi pengalaman kami dalam segmen tersebut kepada pemerintah Indonesia untuk mengembangkan segmen (yang sama) secara lokal," ungkapnya.

Dari penjelasan Shao Jie, besar kemungkinan jadi Wuling Mini EV terbaru akan mengaspal di Tanah Air pada tahun 2022.

Next

Spesifikasi Wuling Mini EV

Interior Wuling Hongguang Mini EV Sisi belakang Wuling Hongguang Mini EV (insideevs.com)

Sekadar informasi Wuling Hongguang Mini EV merupakan mobil listrik dengan bodi yang kompak. Mobil tersebut tersedia dengan pilihan baterai berukuran 9.2 kWh dengan jarak tempuh 120 km atau baterai 13.8 kWh yang bisa berjalan hingga 170 km.

Next

Mobil berpenumpang 4 ini mempunyai dapur pacu satu motor listrik dengan muntahan tenaga sebesar 17.4 hp dan torsi 85 Nm. Seluruh tenaga mesin disalurkan ke roda belakang melalui transmisi satu percepatan dengan kecepatan maksimal mencapai 100 km/jam.

Untuk harga, Wuling Mini EV dibanderol mulai dari $4.162 atau Rp 59 juta (dengan kurs $! = Rp 14.257) untuk tipe termurah, sementara model termahal diberi harga $5.607 atau Rp 80 juta.

Next

Loading