Sukses

Beda Rp 800 Ribu, Mending MG ZS Ignite atau KIA Sonet Premiere?

Otosia.com Sport Utility Vehicle atau SUV menjadi salah satu pilihan favorit masyarakat Indonesia selain MPV. Bodi dan ground clearance yang tinggi dipadu dengan tampang gagah membuat mobil crossover menarik untuk dipinang.

Kendaraan berjenis crossover saat ini tersedia dalam beragam pilihan, merek, dan harga. Pada rentang harga Rp 300 juta, terdapat dua pilihan SUV menarik. Pertama adalah MG ZS Ignite, dan kedua adalah KIA Sonet Premiere.

Meski banderol MG ZS lebih tinggi, perbedaan harga kedua SUV ini cuma Rp 800 ribu. Dengan selisih harga yang cukup dekat, lebih bagus mana, MG ZS Ignite atau KIA Sonet Premiere?

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/dit)

Eksterior dan interior

Interior MG ZS terbaru (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Untuk membahasnya lebih jauh, tidak ada salahnya mencermati perbedaan eksterior dan interior keduanya.

Secara eksterior MG ZS Ignite dan KIA Sonet Premiere sama-sama memilki tampilan yang commanding. Meski demikian bahasa desain kedua mobil ini cukup berbeda.

MG ZS Ignite terlihat lebih elegan, selayaknya mobil-mobil Eropa. Sedangkan KIA Sonet nampak lebih dinamis, seperti bahasa desain model-model KIA umumnya.

Next

Interior KIA Sonet (KIA)

Secara fitur KIA Sonet lebih mumpuni. Walaupun kedua SUV ini sudah dilengkapi lampu depan dan belakang LED, hanya Sonet yang dibekali pelek two tone, dan sunroof di bagian atap. Namun roof rail pada MG ZS bisa difungsikan, tidak seperti Sonet yang hanya sebatas aksesori.

Masuk ke dalam. Interior MG ZS Ignite nampak lebih elegan berkat penggunaan bahan-bahan soft touch mulai dari dasbor hingga konsol tengah. Selain itu, adanya speedometer digital, piano buttons, dan head unit besar dapat memanjakan pengemudi.

Sementara kabin KIA Sonet tidak semewah MG ZS. Sebagai gantinya KIA menyematkan banyak fitur, seperti AC dan lampu otomatis, sistem audio premium buatan BOSE, wireless chargingmood lighting, ventilasi AC baris kedua, armrest kursi belakang, dan cooler seat.

Fitur keselamatan

Sisi belakang MG ZS dan KIA Sonet (Istimewa)

Fitur keselamatan MG ZS Ignite dan KIA Sonet Premiere tidak jauh berbeda. MG ZS Ignite dilengkapi 4 airbags dan sudah menggunakan rem parkir elektrik. Sedangkan KIA Sonet masih menggunakan rem tangan biasa, tetapi mempunyai 6 airbags.

Peranti keselamatan lain seperti ABS, EBD, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), sensor parkir, serta kamera mundur sama-sama ditemukan pada MG ZS Ignite dan KIA Sonet Premiere.

Urusan dapur pacu kedua mobil inipun cukup mirip. MG ZS Ignite dan KIA Sonet Premiere sama-sama mengusung mesin 1.500cc naturally aspirated, di mana seluruh daya pacu mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT.

Next

Bedanya MG ZS mempunyai total output 114 hp dengan torsi puncak 150 Nm, sebaliknya KIA Sonet Premiere menghasilkan tenaga sebesar 113 hp dan torsi 144 Nm.

Untuk harga MG ZS Ignite dibanderol Rp 289.800.000 dan KIA Sonet Premiere dijual Rp 289.000.000.

Hanya berbeda harga Rp 800, mana menurut Anda yang palik baik?

Loading