Sukses

Rachel Vennya akan Diperiksa Soal Mobil Pelat RFS, Namun Diundur Gara-gara Ini

Otosia.com Lagi-lagi Rachel Vennya harus berurusan dengan pihak berwajib. Setelah kasus kabur dari karantina sepulang dari New York, kini polemik baru menantinya. Hal itu terkait penggunaan mobil dengan pelat nomor berkode RFS.

Namun Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menunda pemeriksaan Selebgram cantik ini terkait pelat nomor tersebut. Alasan pembatalan pemeriksaan, lantaran Rachel terhalang karena ada keperluan lain.

"Diundur ya. Alasannya dari sananya tidak bisa hadir hari ini karena ada keperluan," kata Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono kepada wartawan, Senin (25/10).

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/ahm)

Next

Karena pemeriksaan hari ini tertunda maka penyidik akan menjadwalkan ulang pemeriksaan kepada Rachel pada Selasa, 26 Oktober. Untuk nanti, memberikan keterangan seputar penggunaan pelat nomor RFS yang saat kini menjadi sorotan.

"Kalau alasannya apa kita hanya tahu dia tidak bisa hari ini jadi diundur hari selasa," ujar Argo.

Next

Sebelumnya, Rachel Vennya hari ini akan menjalani pemeriksaan buntut persoalan pelat nomor polisi "RFS" yang dipakai, karena tidak sesuai peruntukan. Rencananya pemeriksaan akan dilakukan sekitar pukul 10.00 WIB.

Sebab, nomor RFS tersebut terdaftar dengan kendaraan Toyota Vellfire warna putih. Sementara, saat menjalani pemeriksaan di Markas Polda Metro Jaya soal aksi kaburnya dari proses karantina, pelat RFS itu menempel di Vellfire berkelir hitam.

"Makanya kami panggil klarifikasi, kami minta penjelasan, kami cek keabsahan dokumen, kami cek kendaraan, kecocokan nomor rangka nomor mesin," katanya.

Next

Pasalnya, warna kendaraan haruslah sesuai dengan surat kendaraan, yakni Vellfire berwarna putih. Maka tidak boleh dipindah-pindah ke mobil lain, namun bila ternyata perubahan warna karena dicat, seharusnya dilakukan pergantian warna di STNK.

"Ada namanya proses rubah bentuk ganti warna. Jadi, nanti di STNK diganti STNK-nya misalnya hitam ke putih, putih ke hitam nanti STNK pun juga berubah," kata dia.

Lebih lanjut, Argo juga sempat mengungkap hasil penulusuran Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) terungkap jika ternyata pajak tahunan, mobil bernomor polisi B 139 RFS ternyata telah jatuh tempo batas waktu pembayaran.

"Kalau dari data Dispenda (Dinas Pendapatan Daerah) infonya akhir Agustus (batas waktu pajak)," ujar Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono saat dikonfirmasi, Minggu, (24/10).

Next

Namun untuk memastikan data tersebut, Argo mengatakan jika hal ini akan dikonfirmasi ulang kepada Rachel pada pemeriksaan kedua, Senin (25/10). Sebagaimana surat klarifikasi terkait penggunaan pelat RFS yang diduga tak sesuai dengan kendaraan.

"Tapi besok kita lihat setelah dilakukan cek ulang dari dokumen yang dibawa," kata Argo.

Adapun bila Rachel memenuhi panggilanya pada Senin (25/10) besok, proses pemeriksaan akan berlangsung Gedung Subdit Gakkum yang berada di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, bukan di Polda Metro Jaya.

"Di Gakkum, (Untuk Klarifikasi)," singkatnya.

Pelat RFS

Terkait polemik yang menjerat Rachel, lantas apa sebenarnya arti pelat berkode RFS?

Sebagaimana diketahui, nomor kendaraan berakhiran RFS disebut merupakan tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) untuk pejabat negara.

Penggunaan plat nomor ini diatur oleh kepolisian melalui Peraturan Kapolri Nomor 3 Tahun 2012 tentang Rekomendasi STNK dan TNKB (pelat motor) khusus dan rahasia bagi kendaraan bermotor dinas.

Arti Kode RFS Dalam Plat

Setelah ramai jadi perbincangan, masyarakat pun dibuat penasaran dengan jenis-jenis kode dalam nomor kendaraan. Sebenarnya apa arti dibalik kode RFS dalam kendaraan? Lantas, ada berapa macam kode khusus? Berikut ulasannya:

- RF - Plat Nomor dengan kode RF digunakan untuk kendaraan pejabat negara, eselson II ke atas hingga Menteri.

- RFS - Digunakan untuk kendaraan pejabat sipil negara yang menduduki jabatan eselon I atau setingkat direktur jenderal di kementerian.

- RFD, RFL, RFU - Plat Nomor ini digunakan untuk kendaraan pejabat TNI Angkatan Darat, Angktan Laut, dan Angkatan Udara.
- RFP - Digunakan untuk kendaraan pejabat Kepolisian Republik Indonesia (POLRI).
- Kode RFO, RFH, RFQ , dan sejenisnya untuk pejabat di bawah eselon II.
- Adapun kendaraan diplomatik, seperti untuk keduataan besar (kedube) berkode CD (corps diplomatique) atau CC (corps consulaire).

Next

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, ia telah mengecek data base kendaraan bermotor pelat B 139 RFS yang terpasang pada mobil Toyota Vellfire. Hasilnya, mobil itu memang terdaftar atas nama Rachel Vennya.

Sehingga, disebutkan bahwa plat nomor kendaraan milik Rachel Vennya itu bukan merupakan kode khusus RFS yang umumnya milik pejabat, karena memiliki tiga angka. Sebab, nomor kendaraan khusus biasanya terdiri dari empat angka di depan kode belakang.

Namun, ada satu temuan yakni warna kendaraan tidak sesuai dengan registrasi dan identifikasinya sebagaimana pada surat tanda nomor kendaraan (STNK). Sambodo menyebut, berdasarkan data kendaraan seharusnya berwarna putih bukan hitam.

Penulis: Khulafa Pinta Winastya, Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

Loading