Sukses

Waduh, Baru Dites Toyota Veloz Malah Kecelakaan

Otosia.com PT Toyota Astra Motor (TAM) baru-baru ini meluncurkan versi terbaru LMPV andalannya, All New Avanza dan Veloz.

Veloz kini dibedakan dengan Avanza. TAM memposisikan Veloz sebagai flagship, di mana bagian tampang, kelangkapan fitur, serta pertanti keselamatan mobil tersebut dibuat lebih mewah.

Tidak heran jika harga Toyota Veloz kini jauh lebih mahal dibanding model sebelumnya. Sebagai komparasi Toyota Avanza Veloz GR Limited paling mahal dijual dengan harga Rp 243,8 juta, sementara tipe termurah All New Veloz MT dibanderol Rp 251,2 juta.

 (kpl/dit)

Kecelakaan unit test drive

Toyota Veloz dengan fitur Kamera 360 dan TSS ringsek (YouTube/Hasyim Zay)

Kendati mempunyai harga lebih tinggi dan dilengkapi peranti keselamatan canggih, peristiwa nahas bisa terjadi kapan saja. Misalnya, baru-baru ada kabar All New Veloz terlibat kecelakaan di jalan.

Kecelekaan tersebut terekam dan diunggah pada akun YouTube Hazsyim zay, Sabtu (27/11/2021). Veloz yang mengalami kecelakaan tersebut adalah unit test drive. Hal ini terlihat pada sisi samping Veloz  yang bertuliskan "Be The First To Experience All New Veloz" dan disertakan aksen merah.

Lokasi kejadian tidak disebutkan. Tapi diperkirakan terjadi di sebuah jalan di Jakarta, lantaran pelat nomor mobil berawalan huruf "B".

Next

Kronologi insisden nahas itu juga tidak diketahui. Hanya saja tayangan tersebut memperlihatkan kondisi Veloz yang ringsek berat di area kiri depan, terutama bagian lampu depan, fender, hingga roda. Bahkan, jika dicermati lebih dekat, posisi ban terdorong ke belakang, suspensi terlihat mengambang, dan airbag penumpang sudah mengembang.

Belum diketahui lebih jauh apakah insiden ini menyebabkan luka berat pada penumpangnya atau tidak. Kabin mobil itu terlihat kosong, sehingga kemungkinan besar para penumpang sudah mendapat penanganan medis.

Spesifikasi Veloz

Unit test drive All New Toyota Veloz di GIIAS 2021 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Toyota Veloz yang mengalami kecelakaan tersebut adalah tipe termahal Q TSS. Hal ini terlihat pada penggunaan pelek yang lebih besar, kamera depan di bawah logo Toyota, serta sepasang kamera stereo di atas spion tengah, penanda adanya Toyota Safety Sense (TSS).

Artinya mobil tersebut sudah dilengkapi fitur kenyamanan dan keselamatan canggih seperti, ambient lightingwireless charging, speedometer digital, kamera 360, Lane Keep AssistBlind Spot Monitoring (BSM), Forward Collision Mitigation (FCM), dan sebagainya.

LMPV itu dibekali dapur pacu 1.500cc 2NR-VE dengan output 106 PS dan torsi 137,3 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT.

Untuk harga, All New Toyota Veloz Q TSS dipatok Rp 291,5 juta.

Loading