Sukses

Sosok Kakek Pengemudi Mercy Viral, Tinggal di Perumahan Elit - Jadi Tersangka Tapi Tak Ditahan

Otosia.com Atas kecelakaan di Tol JORR, polisi menetapkan MDS (66), pengemudi Mercy, jadi tersangka. Ia nekat mengendarai mobil dengan melawan arus hingga mengakibatkan kecelakaan dengan dua kendaraan lainnya.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menerangkan, penetapan tersangka berdasar hasil gelar perkara.

Sambodo menyebut, MDS patut diduga melanggar Pasal 310 Ayat 1 Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

"Kemarin sudah diadakan gelar perkara terhadap Mercy tersebut. Jadi, statusnya sudah jadi tersangka," kata Sambodo di Polda Metro Jaya, Selasa (30/11/2021).

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/ahm)

Next

Sambodo mengatakan, pihaknya tidak menahan MDS dengan berbagai pertimbangan. Dalam hal ini hanya kendaraan Mercy milik MDS yang disita sebagai barang bukti.

"Mercy itu masih kami sita. Orang kami jadikan tersangka, memang tidak dilaksanakan penahanan," ujar dia.

Tak Tebang Pilih

Sambodo mengatakan, status tersangka yang disematkan kepada MDS sekaligus membuktikan tidak ada tebang pilih dalam penanganan perkara kecelakaan lalu lintas.

"Jadi tidak benar kalau ada yang mengatakan mentang-mentang Mercy terus dilepaskan dan sebagainya, tidak," ujar dia.

Next

Sementara itu, pengemudi tersebut diduga mengalami demensia atau penyakit penurunan daya ingat dan cara berpikir.

"Sementara dugaan info awal yang bersangkutan dalam kondisi demensia atau menurunnya kondisi kemampuan berpikir," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono saat dikonfirmasi, Minggu (28/11/2021).

Menurut Argo, saat pemeriksaan pun, pengemudi Mercy itu tampak bingung saat ditanyai perihal identitasnya. Termasuk alasan melawan arus lalu lintas di jalur cepat tol.

"Terus enggak lama setelah keluarganya datang, dijelaskan bahwa yang bersangkutan ada gejala gejala kondisi seperti itu," kata Argo.

Sosok Kakek Pengemudi Mercy

MSD adalah sosok pengemudi Mercy tersebut. Dia diduga mengidap demensia. Penyakit ini mempengaruhi memori otak, baik dalam berpikir maupun mengingat. Usia MSD 66 tahun. Kini, polisi telah menetapkan kakek pensiunan PNS itu sebagai tersangka.

Biasanya, MSD dirawat oleh pengasuh. Namun saat insiden tersebut berlangsung, kakek tersebut sedang ditinggal sendirian. Karena perawat dalam kondisi libur.

Next

Penelusuran merdeka.com, MSD tinggal di Perumahan elite di kawasan Jatiwaringin, Pondok Gede. Pagi ini, Selasa (30/11), rumah anak dari MSD tampak sepi. Tak ada aktivitas.

Total ada sekitar 11 rumah berlantai dua dan tiga di sisi kanan jalan klaster. Pintu gerbang perumahan dijaga ketat satpam. Portal perumahan pun tertutup rapat.

Tak banyak orang tahu tentang sosok MSD tersebut. Meskipun, para tetangga kerap melihat aktivitas sang kakek di rumah anaknya tersebut. Rumahnya berada di ujung komplek sebelah kiri jalan.

Next

Seluruh pintu rumah terkunci. Hanya terlihat satu mobil berserta satu sepeda motor yang terparkir di halaman garasi rumah dua lantai ini. Hanya ART yang berada di rumah. Sang pemilik rumah tak ada.

Para tetangga pun tak punya informasi banyak tentang MSD. Bahkan mereka tak mengetahui insiden heboh Mercy lawan arah itu melibatkan tetangganya.

"Emang sudah tua ya, saya juga baru tahu. Tapi memang dia enggak tinggal di sini," kata tetangga yang menolak menyebut identitasnya.

Meskipun dia mengakui kerap melihat sang kakek. Termasuk mobil Mercy yang terlibat kecelakaan di Tol JORR kerap terparkir di halaman depan rumah tersebut.

Kecelakaan

Sebelumnya kecelakaan terjadi di Tol JORR KM 53.600 B arah Rorotan menuju Cikunir. Insiden ini karena sedan Mercedes-Benz nekat melawan arus hingga tabrakan dengan dua mobil lainnya.

Kasat PJR Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Sutikno menyampaikan, peristiwa itu terjadi pada Sabtu, 27 November 2021 sekitar pukul 17.00 WIB.

"Kendaraan Mobilio dan Inova datang dari Cakung tiba-tiba ada kendaraan sedan melawan arus karena Mobilio dan Inova tidak bisa menghindar sehingga terjadi laka lantas," tutur Sutikno saat dikonfirmasi, Minggu (28/11/2021).

Tidak ada korban meninggal dunia dalam peristiwa tersebut. Kasus kecelakaan itu kemudian ditangani oleh Polsek Cakung.

"Pengemudi mobil Mobilio dibawa ke RS Pondok Kopi, luka ringan," Sutikno menandaskan.

Penulis: Ady Anugrahadi, Bachtiarudin Alam

Sumber: Liputan6.com, Merdeka.com

Loading