Sukses

Cerita Mr. Gaplek si Raja Jalanan, Sejak Belia Sudah Jadi Sopir Bus

Otosia.com Jiwa muda memang berapi-api, karena itulah mereka tak selalu memiliki ambisi besar dalam setiap langkah kehidupannya. Layaknya pria yang dijuluki Mr. Gaplek ini.

Saat masih belia keingin tahuan atas segala sesuatu begitu besar. Bahkan ketika remaja ia nekat terjun langsung untuk mencari pengalaman baru.

Pengalaman tersebut tak lepas dari pengaruh orangtuanya. Tekad kuat tersebut justru mengantarkannya hingga menyabet predikat "driver termuda".

Lantas, bagaimana rekam jejak si raja jalanan yang satu ini? Melansir dari kanal YouTube PO Haryanto Official, Kamis (2/12), berikut ulasan selengkapnya.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/ahm)

Terjun Sejak Usia 14 Tahun

YouTube PO Haryanto Official ©2021 Merdeka.com

Pengalaman membentuk segalanya. Hal ini nampaknya menjadi pijakan dari seorang pengemudi bus di kawasan Kuningan, Jawa Barat bernama Raden Ade Wawan Gunawan yang dijuluki sebagai driver Luragung termuda.

Sejak usianya yang masih begitu belia, ia tertarik untuk merasakan berbagai pengalaman. Salah satunya yakni dirinya mulai tertarik untuk terjun ke dunia otomotif dan bus.

"Saya terjun ke dunia bus itu tahun 1998, umur 14 tahun lah," ungkapnya.

Belajar Otodidak

YouTube PO Haryanto Official ©2021 Merdeka.com

Ade membentuk dirinya sendiri sebagai pria yang cukup tangguh. Tak banyak kata-kata, ia langsung terjun ke dunia otomotif dan bus seorang diri.

Namun, ia tak langsung memegang kendali penuh di balik kemudi. Hal itu diawalinya dengan membersihkan area bus hingga berteman dengan sejumlah sopir profesional.

"Cari pengalaman itu dari nol. Dari kita nyuci, kenek, ikut-ikut gitu kan sampai alhamdulillah. Saya gak belajar dari orang lain, saya cuma lihat sopir bus, oh gini cara remnya begini begini gitu kan akhirnya terbiasa," ujarnya.

"Tahun 2000 akhirnya saya nyopir, pengalaman lah lari ke truk dan lain-lain," tambahnya.

Terinspirasi Orangtua

YouTube PO Haryanto Official ©2021 Merdeka.com

Buah jatuh memang tak jauh dari pohonnya. Peribahasa itu seolah tepat menggambarkan Ade dengan orangtuanya. Keinginan kuatnya untuk terjun di dunia bus sejak belia tersebut semata-mata terinspirasi dari latar belakang profesi orangtua.

Sejak kecil, pria yang dikenal luas dengan sebutan "Mr. Gaplek" ini telah lebih dulu terjun di dunia bus. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, orangtua dari Ade pun disebutnya bekerja sebagai seorang sopir dari pejabat ternama kala itu.

"Umur 14 tahun hidup di kampung ya saya pengen punya pengalaman di bus karena orangtua saya, dulu orangtua saya itu sopir," terangnya.

Penulis: Mutia Anggraini

Sumber: Merdeka.com

Loading