Sukses

3 Kebiasaan yang Jadi Penyebab Kampas Kopling Motor Cepat Aus

Otosia.com Normalnya, kampas kopling motor punya umur cukup panjang. Rata-rata interval pemakaian kampas kopling sekitar 15.000-20.0000 kilometer, atau sekitar 2 tahun pemakaian.

Tapi, sebelum waktunya bisa saja kampas kopling sudah harus diganti. Bahkan belum lama diganti, kampas kopling sudah main selip aja. Kenapa ya?

Menurut laman Suzuki Indonesia, ada beberapa hal yang menyebabkan. Bahkan itu karena kebiasaan yang tanpa disadari bisa menyebabkan kampas kopling cepat aus.

Pertama, kebiasaan berkendara yang buruk. Misalnya, sering buka-tutup kopling sambil menghentak-hentakkan tuas gas, menggantung tuas kopling, atau mengemudi dengan setengah kopling.

Kedua, kebiasaan menahan tuas kopling saat posisi berhenti lama. Contohnya saat berhenti di lampu merah, Otolovers menahan tuas kopling sementara posisi gigi bukan netral.

Saat jeda lama atau berhenti lama, sebaiknya tuas kopling dibiarkan saja dan posisi gigi dinetralkan. Ketika hendak jalan lagi, barulah tarik tuas kopling dan posisi gigi masukkan kembali.

Ketiga, faktor setelan kopling yang terlalu dekat. Posisi tersebut memang akan memudahkan pengendara saat harus berpindah gigi. Tapi risikonya pengendara harus terus menekan tuas kopling saat kecepatan rendah.

Sesuai aturan, ukuran yang tepat jarak bebas tuas kopling sekitar 1,5 cm sampai 2 cm saja. Dengan cara ini, kampas kopling bisa dimaksimalkan, dan usia pakainya pun jadi lebih lama.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/tys)
Loading