Sukses

Menyalakan Mesin Mobil Saat Isi Bensin Tak Bahaya, Benarkah?

Otosia.com Saat mengisi bahan bakar di SPBU, selalu diingatkan untuk mematikan mesin mobil. Hal itu lantaran mesin mobil yang masih menyala saat isi bensin bisa memicu ledakan.

Tapi ada anggapan lain bahwa hal itu justru tak berbahaya. Benarkah? Melansir Zing, mantan mekanik General Motors, Kris Burnette menjelaskan, secara teoritis hal itu tidak akan membuat mobil terbakar.

Menurutnya, mesin mobil akan tetap menyala, pompa akan terus bekerja mengisi bahan bakar. Mesin modern hampir tak menghasilkan percikan api. Tapi justru ruang bakar yang menimbulkan uap bensin dan menyebabkan ledakan.

 

 

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini
 (kpl/tys)

Risiko Lainnya

Risiko Lainnya

Selain itu, justru risiko terbesar adalah saat pengemudi meninggalkan kursi kemudi untuk menuju nozzle pompa. Sebab hal itu disebut ada listrik statis yang menyebabkan pelepasan dan pembakaran uap gas lalu menyebabkan ledakan.

Kejadian itu sangat jarang terjadi dalam kondisi cuaca lembab, terutama saat musim dingin. Kendaraan masa kini juga disebut sudah dibekali dengan sistem pengukur tekanan uap gas di tangki EVAP yang memperingatkan pengemudi ketika tutup tangki bahan bakar tidak ditutup atau ditutup.

"Jadi pada dasarnya, mobil modern cukup aman ketika menyala dan diisi bahan bakar," katanya. Namun begitu, ada baiknya Otolovers tetap mengikuti aturan di SPBU untuk mematikan mesin mobil saat mengisi bensin.

Loading