Sukses

Teknologi Baru Toyota Tambah Jarak Tempuh Mobil Listrik

Otosia.com Saat ini, Toyota telah memiliki beberapa mobil listrik di pasar otomotif global, salah satunya Toyota Prius. Sebelumnya, kendaraan ramah lingkungan itu juga sempat masuk ke Indonesia, namun belum dijual secara resmi.

Belum lama ini, mengutip dari Goodnewsnetwork.org, Toyota melakukan eksperimen pada Toyota Prius. Pabrikan asal Jepang itu menyematkan panel surya pada mobil tersebut untuk menambah jarak tempuhnya.

Komponen tersebut menutupi kap depan, atap, hingga kaca belakangnya. Dengan demikian, untuk melihat ke belakang, pengendara mengandalkan spion samping dan kamera yang terpasang di bumper.

 

 

 

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/crn)

Mengisi Baterai Saat Berjalan

Mengisi Baterai Saat Berjalan

Panel surya ini memiliki ketebalan 0,03 mm sehingga dapat dibuat melengkung sesuai dengan kontur kap dan atap Toyota Prius PHV. Komponen itu terbukti mampu menambah jarak tempuh mobil tersebut sampai 4,8 kali lebih jauh dari versi standar.

Selain itu, Toyota juga menyematkan komponen yang mampu membuat baterai otomatis terisi dari panel surya saat mobil sedang terparkir maupun berjalan. Teknologi ini diprediksi mampu membuat mobil listrik ke level berikutnya.

Hanya saja Toyota Prius PHV Solar Powered ini masih dalam tahap pengembangan di Jepang. Berbagai data yang didapat dari pengujiannya akan digunakan untuk penyempurnaan sistem tersebut.

Loading