Sukses

Ternyata Minyak Rem Juga Perlu Perawatan, Bagaimana Caranya?

Otosia.com Rem menjadi salah satu komponen keselamatan penting pada kendaraan, termasuk mobil. Wajar saja, fungsinya adalah menahan laju agar tak menjadi liar atau mudah dikendalikan.

Pada mobil, rem memiliki bagian yang beragam, seperti kampas, piringan cakram, kaliper, piston, dan lain-lain. Namun, terkadang orang lupa untuk memperhatikan minyak rem.

Ternyata, mengutip dari situs Wuling Indonesia, minyak rem merupakan bagian yang sensitif. Karena itu, reservoir atau tangkinya tertutup rapat.

Pasalnya, pabrikan menjaga agar tak ada udara dengan kelembaban tinggi masuk ke reservoir. Jika itu terjadi, kadar air dalam sistem akan bertambah serta mengganggu titik didih minyak rem.

 

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/crn)

Serahkan Pada Ahlinya

Serahkan Pada Ahlinya

Selain itu, Otolovers tak boleh sembarangan dalam menambah minyak rem. Pastikan spesifikasi yang digunakan sama dengan ketentuan dari pabrikan, seperti DOT 3 dan DOT 4.

Cara menggantinya pun harus tepat dengan cara sirkulasi. Artinya, minyak rem baru dimasukkan bersamaan dengan keluarnya minyak rem lama sehingga tidak sampai kering.

Perhatikan juga batas minimum dan maksimum minyak rem pada reservoir. Otolovers juga harus ingat, tangki tersebut tak boleh dibuka tutup sembarangan.

Cara paling aman dan mudah ialah menyerahkan perawatan minyak rem pada bengkel resmi. Selain ditangani oleh tenaga ahli, biasanya ada garansi untuk servis tersebut.

Loading