Sukses

Ketahui Etika Mengemudi yang Seharusnya Dilakukan Setiap Pengendara

Otosia.com Mengemudi tak melulu soal gas dan rem. Ada persoalan lain yang setidaknya harus dilakukan oleh setiap pengendara mobil dan kaitannya adalah soal etika.

Yup, hal ini sangat penting dilakukan. Dilansir dari Zing, ada beberapa kode etik dasar yang setidaknya harus dilakukan setiap pengemudi saat berkendara di jalan.

 (kpl/ahm)

Penggunaan Lampu Kabut

Penggunaan Lampu Kabut

Pertama berkaitan dengan pencahayaan. Saat berkendara lebih baik gunakanlah lampu kabut sesuai fungsinya, yaitu ketika memang ada kabut. Kondisi ini dilakukan agar tidak mengganggu pengemudi lain.

Fokus Saat di Lampu Merah

Fokus Saat di Lampu Merah

Terkadang lampu merah dimanfaatkan untuk mengerjakan kegiatan lain, seperti menelepon. Sebaiknya perlu dihindari ya Otolovers karena bisa mengganggu konsentrasi atau hilang fokus saat merespon lampu yang berubah hijau.

Tentunya sudah paham dong apa yang akan terjadi. Bakalan ada kemacetan dan pastinya bel berbunyi dari sisi kanan dan kiri kendaraan Otolovers.

Beri Jalan untuk Ambulan

Beri Jalan untuk Ambulan

Terkadang saat di jalan ada saja kendaraan darurat, seperti ambulan dan mobil Polisi. Jika Otolovers sedang dalam kondisi itu, segera beri ruang agar kendaraan-kendaraan tersebut bisa lewat dengan cepat.

Parkir Mobil dengan Rapi

Parkir Mobil dengan Rapi

Kondisi sering diabaikan oleh kebanyakan pengemudi. Parkir mobil usahakan yang rapi. Bukan hanya biar enak di pandang mata, tetapi juga tidak membuat orang lain emosi.

Ucapkan Terima Kasih

Ucapkan Terima Kasih

Sering kali saat berkendara kita mendapat bantuan dari pengendara lain, bisa saja seperti memberi jalan saat sedang akan menyalip. Berikanlah lambaian sebagai ucapan terima kasih.

Perhatikan Hak Pejalan Kaki

Perhatikan Hak Pejalan Kaki

Saat melewati lampu merah atau persimpangan jalan, berkendaralah secara lambat untuk menghindari risiko tabrakan dengan pejalan kaki. Perhatikan juga hak-hak mereka.

Jangan Mengemudi Lambat

Ketika ada pengendara yang menjalankan kendaraanya dengan lambat, yang di belakangnya pasti cukup kesal karena cukup kesulitan saat mau mendahului. Selalu lihat situasi jalan, jangan sampai berkendara pelan malah bikin kita mengalami kecelakaan.

Kecepatan Stabil

Kecepatan Stabil

Berkendaralah dengan kecepatan stabil. Jangan sampai sering mengerem atau mempercepat laju kendaraan secara mendadak.

Berkendara di Belakang Mobil

Berkendara di Belakang Mobil

Berkendara di belakang mobil lain tidak begitu menguntungkan. Karena Otolovers tidak bisa mengamati kondisi jalan yang ada di depan. Hanya terpaku pada mobil di depan kita saja. Kondisi ini cukup berbahaya karena berpotensi menyebabkan kecelakaan. Untuk itu segera salip ketika memang ketika sudah memungkinkan.

Loading