Sukses

5 Kebiasaan Pengendara Motor yang Bikin Ilfil, Jangan Ditiru

Otosia.com Saat jalanan macet, menggunakan sepeda motor adalah pilihan yang lebih baik. Kendaraan roda dua ini lebih praktis dan bisa melewati jalan-jalan sempit.

Tapi tak jarang justru kelakuan para pengendara motor membuat sebal pengguna jalan lain. Seperti mengambil fasilitas pengguna jalan lainnya. Melansir laman Wahana Honda, berikut kebiasaan pengendara sepeda motor yang bikin ilfil pengguna jalan lain.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/tys)

Memotong Jalur

Memotong Jalur

Para pengendara motor tak segan utnuk mendahului kendaraan lain. Tapi sayangnya kebiasaan mereka sembarangan menyalip lalu memotong jalan pengendara lain. Harusnya, jika ingin mendahului kendaraan lain, berilah tanda dengan menyalakan lampu sein.

Sehingga, pengendara lain tahu bahwa sepeda motor tersebut akan berbelok. Mulai biasakan diri untuk menyalakan lampu sein sebelum berbelok ya.

Idealnya, lampu sein sudah dinyalakan 100 sampai 200 meter sebelum berbelok. Hal ini supaya pengendara lain tidak kaget, dan juga menghindari terjadinya hal-hal yang tak diinginkan, seperti kecelakaan.

Tak Mau Mengalah

Tak Mau Mengalah

Pengendara sepeda motor juga kerap tidak mengindahkan pengguna jalan lainnya, terutama pejalan kaki. Seringkali pengendara sepeda motor tidak mau mengalah kepada para pejalan kaki yang hendak menyeberang. Padahal kebiasaan buruk yang satu ini bisa menyebabkan kejadian fatal, seperti kecelakaan.

Sebagai pengendara sepeda motor yang baik, hendaknya memberikan jalan kepada pejalan kaki yang ingin menyeberang. Perlu diketahui, pengguna jalan raya tak hanya orang yang sedang berkendara. Tapi juga para pejalan kaki.

Lewat di Trotoar

Lewat di Trotoar

Kondisi jalan yang padat dan macet memang tak menyenangkan. Apalagi saat berburu dengan waktu, rasa-rasanya ingin cepat sampai. Maka itu, tak jarang sepeda motor menggunakan trotoar sebagai alternatif jalan untuk mereka.

Padahal trotoar diperuntukkan bagi para pengguna jalan. Tentu jika sepeda motor memakai trotoar, akan membahayakan para pengguna jalan. Belum lagi struktur bangunan trotoar tak sekuat jalan raya. Sehingga, kemungkinan trotoar akan cepat rusak jika kerap dilewati kendaraan.

Berhenti di Zebra Cross

Sama halnya dengan trotoar, zebra cross diperuntukkan bagi pejalan kaki yang hendak menyeberang. Tapi posisi zebra cross yang berada di persimpangan dengan lampu lalu lintas, kerap dipakai berhenti sepeda motor saat lampu merah.

Aturannya, kendaraan harus berhenti di belakang stop line yang posisinya berada sebelum zebra cross. Jika petugas melihat pun, para pemotor ini bisa saja ditilang atau dipermalukan oleh petugas melalui pengeras suara seperti pada video-video yang kerap lalu lalang di media sosial.

Dilarang Putar Balik

Dilarang Putar Balik

Kebiasaan buruk lainnya adalah melanggar rambu larangan putar balik. Keberadaan rambu kerap diabaikan. Padahal itu bisa membuat pengendara sepeda motor terlibat kecelakaan.

Rambu yang Sering Dilanggar

Rambu yang Sering Dilanggar

Mengemudi di jalan raya bukan hanya soal pandai bermanuver. Tapi juga mengerti aturan, apalagi jika di titik-titik jalan tertentu sudah dipasangi rambu lalu lintas.

Tapi sayangnya, keberadaan rambu lalu lintas itu seperti tak terlalu berguna. Beberapa pengendara masih suka tak mematuhi rambu lalu lintas.

Dari deretan rambu lalu lintas yang ada, menurut laman Wahana Honda, ada enam rambu lalu lintas yang kerap tak dianggap dan dilanggar oleh para pengendara, dan bikin kesal pengendara lain. Apa saja?

Dilarang Parkir

Dilarang Parkir

Jika melihat rambu dengan huruf dicoret, artinya tak boleh parkir di lokasi tersebut. Tapi sayangnya, masih saja ada yang nekat. Hal itu berpotensi membuat lalu lintas macet. Jika tetap ngotot mau parkir di lokasi yang dilarang, jangan marah jika kendaraanmu dikempesi oleh petugas. 

Dilarang Putar Balik

Dilarang Putar Balik

Jika di seubuah jalan di tandai dengan rambu dilarang putar balik, bisa jadi itu adalah tempat putar bali dari jalur berlawanan atau mungkin di lokasi tersebut adalah jalan dengan intensitas kecepatan yang tinggi. Makanya, pengendara dilarang putar balik di situ.

Dilarang Berbelok

Dilarang Berbelok

Rambu ini juga kerap dilanggar oleh pemotor. Dari anak-anak yang baru bisa naik motor sampai kakek-nenek pun kerap tak patuhi rambu ini. Bagi yang sering melanggar aturan ini, mulailah sadar bahwa tindakanmu itu berbahaya.

Dilarang Melintas

Dilarang Melintas

Biasanya rambu ini dipasang di jalan yang dibuat satu arah. Nah degan dalih supaya lebih dekat dan alasan bodoh lainnya, rambu dilarang melintas ini dilanggar begitu saja.

Lampu Lalu Lintas

Lampu Lalu Lintas

Pelanggaran paling umum saat ini ya nerobos lampu merah alias lampu lalu lintas. Padahal fungsi lampu ini untuk mengatur alur lalu lintas di persimpangan, supaya tak terjadi kecelaakaan. 

Palang Kereta Api

Palang Kereta Api

Bukan rambunya saja yang biasa diterobos, tapi palangnya juga. banyak pengendara motor nekat melewati palang pintu kereta api, padahal banyak hal negatif yang bisa didapati oleh si pemotor tersebut.

Loading