Sukses

Terjawab, Ini Alasan Mobil Sedan Tak Dibekali Wiper Kaca Belakang

Otosia.com Jika diperhatikan, mobil sedan tak memiliki wiper di kaca belakang, seperti pada hatchback. Padahal kaca belakang sedan lebar.

Jika banyak debu dan kotoran lain menempel, bisa saja mengganggu pandangan pengemudi melalui kaca spion. Melansir Zing, ketidakhadiran wiper pada kaca belakang sedan ini bukan tanpa alasan.

Menurut penelitian yang dilakukan pabrikan otomotif, saat mobil sedan berjalan, turbulensi udara di belakang mobil akan berbeda. Hal ini karena karakter desain kendaraan, yang terkait dengan desain bodi dan ukuran kaca belakang, serta tinggi. Gangguan tersebut akan secara langsung akan memengaruhi jumlah debu dan air yang melekat, apalagi saat kecepatan tinggi.

Sedangkan untuk hatchback atau SUV, ketika mobil bergerak, turbulensi udara terbesar tepat berada di area kaca belakang. Sementara untuk sedan atau mobil sport berbeda, hal itu karena desain aerodinamis dan pusat gravitasi yang rendah.

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/tys)

Kaca Lebar dan Terpisah

Kaca Lebar dan Terpisah

Tapi beberapa mobil sedan versi lama masih dilengkapi dengan wiper kaca belakang. Hal itu karena desain kaca belakang versi lama cukup kecil dan tegak. Sedangkan sedan saat ini memiliki kaca belakang yang panjang dan landai.

Jika kaca belakang sedan diberi wiper, itu artinya ukurannya akan sebesar kaca depan. Sebab, seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa kaca belakang sedan lebar. Sehingga bagian belakang sedan bisa terlihat sangat aneh. Maka itu, pabrikan memilih untuk meniadakan komponen ini.

Pada hatchback dan SUV, kaca belakang berada di pintu bagasi, sehingga pemasangan wiper dan kontrol kabel relatif mudah. Sebaliknya, untuk sedan, posisi kaca terpisah dengan pintu bagasi dan kosntruksi sasis terpisah. Pemasangan wiper akanlebih mahal.

Loading