Sukses

4 Kesalahan Kecil Pengendara Motor, Bisa Berakibat Fatal

Otosia.com Kecelakaan lalu lintas kerap terjadi akibat kesalahan yang kadang sepele. Kesalahan kecil itu kadang bisa berakibat fatal.

Tapi masih banyak pengendara motor yang mengabaikan beberapa hal yang dianggap sepele. Melansir Wahana Honda, kesalahan-kesalahan itu sebenarnya bisa dicegah agar tak berakhir dengan kecelakaan fatal.

Berikut empat kesalahan kecil yang bisa berakibat fatal:

 

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini
 (kpl/tys)

Modifikasi Ekstrem

Modifikasi Ekstrem

Spesifikasi sepeda motor buatan pabrik, didesain sedemikian rupa agar aman untuk dikendarai di jalan raya. Ada perhitungan khusus yang dilakukan oleh produsen motor sehingga mereka membuat bentuk, rangka, dan mesin standar itu.

Jadi, jika ingin memodifikasi sepeda motor lebih baik sewajarnya saja. Tidak berlebihan, karena akan sangat berbahaya bagi keselamatan saat berkendara.

Menerobos Rambu Lalu Lintas

Menerobos Rambu Lalu Lintas

Beberapa kasus yang paling sederhana adalah menerobos lampu merah. Saat jalanan macet, sepeda motor memang lebih leluasa bergerak di jalan. Tapi bukan berarti leluasa pula melanggar rambu lalu lintas.

Sering juga sepeda motor yang berhenti di atas zebra cross, bahkan melebihi batas lampu merah. Selain membahayakan diri sendiri, hal ini juga membahayakan orang lain lho.

 

Safety Gear

Safety Gear

Mengendarai sepeda motor, artinya harus sepaket dengan memakai helm. Tapi pelindung kepala yang satu ini juga kerap diabaikan. Dalih hanya berkendara jarak dekat tak berlaku, helm tetap harus dipakai.

Pemakaian helm pun tak ada hubungannya dengan polisi. Sebab, helm punya peran penting jika terjadi sesuatu hal yang tak diinginkan, seperti kecelakaan.

Mengabaikan Surat Lengkap

Mengabaikan Surat Lengkap

Surat menyurat saat berkendara yang paling sering diabaikan adalah Surat Izin Mengemudi (SIM). Padahal, surat yang dikeluarkan oleh kepolisian ini wajib hukumnya dimiliki oleh pengendara sepeda motor.

Dengan memiliki SIM, minimal seorang pengendara sudah paham aturan berlalu lintas. Maka itu, diharapkan para pengendara juga tertib berlalu lintas demi keselamatan diri sendiri, dan orang lain.

Loading