Sukses

Kilas Balik Land Rover Defender dari Masa ke Masa

Otosia.com Land Rover Defender 2020 sudah dirilis. Tampilannya pun berubah signifikan. Mobil off-roader itu kini menjelma menjadi SUV mewah, dengan ban all-terrain.

Sebenarnya, tidak hanya Defender 2020 yang berubah signifikan. Lebih dari 70 tahun, ubahan-ubahan Defender selalu mendapat ubahan signifikan. Melansir Zing, berikut ubahan Defender dari masa ke masa:

 

 

 

 

 

 

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/tys)

Land Rover Series I

Land Rover Series I

Rover Company memiliki permasalahan besar seperti Perang Dunia II. Eropa dalam kondisi kacau yang membuat orang-orang tidak terlalu memperhatikan mobil mewah, seperti Rover.

Terinspirasi dari Jeep Willys, perusahaan mengembangkan Land Rover pertama, yang mana aslinya diperuntukkan bagi kendaraan pertanian 4WD, chassis baja, dan besi aluminium. Pada tahun 1948, mobil itu diproduksi dan bertransformasi menjadi Land Rover Series I hingga tahun 1958.

Land Rover Series II

Land Rover Series II

Tepatnya 10 tahun kemudian, Series II dilahirkan pada tahun 1958. Desain Eksterior, headlight, dan gaya mengotaknya masih sama dengan Series I, tapi tak setajam sebelumnya. Untuk pertama kalinya, pintu dan kaca spion disematkan.

Land Rover Series III

Land Rover Series III

Pada tahun 1971, Land Rover merilis Series III. Lampu depannya bergeser dari gril ke bumper depan. Ini juga detail yang membedakan Series III dan generasi sebelumnya.

Land Rover juga menyingkronkan desain pada gearbox, sementara instrument cluster di balik setir, ke tengah dasbor. Pada tahun 1979, model dengan mesin V8 juga dikenalkan.

Land Rover 90 dan 110

Land Rover 90 dan 110

Desain Land Rover One-Ten dan Land Rover Ninety, hadir pada tahun 1983. Model ini menandai pertama kalinya Land Rover menggunakan suspensi pegas, bukan lagi pinset seperti model lama. Komponen dan mesin juga ditingkatkan secara signifikan.

Land Rover Defender

Land Rover Defender

Nama Defender baru disematkan pada 1990 setelah peluncuran Land Rover Discovery pada tahun 1989. Land Rover ingin membedakan versi lama dan baru. Defender dijual di Amerika Serikat pada 1993 sampai 1997. Yaitu versi 110 dan 90, hampir tak pernah berubah hingga tahun 2007. Defender terakhir diproduksi pada Januari 2016.

Land Rover Defender L663

Land Rover Defender L663

Land Rover Defender 2020 benar-benar baru sepenuhnya. Punya kode nama L663, Defender 2020 memakai paltform unibody aluminium dari Range Rover, Range Rover Sport, dan Land Rover Discovery.

SUV baru ini tidak lagi memakai sistem suspensi gandar aktif tradisional. Tapi memakai pengaturanmulti koneksi antara gandar depan dan belakang. Meski begitu, pabrikan Inggris itu menjanjikan Defender 2020 masih memiliki kemampuan off-road yang mengesankan.

Loading