Sukses

Pengaruh Cetane Number Pada Mesin Diesel, Bisa Susah Nyala

Otosia.com Semakin tinggi angka oktan pada bensin, maka kualitasnya akan semakin baik. Begitu pula dengan bahan bakar diesel. Semakin tinggi angka cetane, maka semakin tingggi kualitas bahan bakar solar.

Menurut laman Auto2000, bahan bakar diesel mengandung ratusan hidrokarbon yang berbeda. Sedangkan cetane hanya mengandung satu.

Bahan bakar harus menyala saat dikompresi dalam silinder dan karena paling mudah menyala di dalam ruang pembakaran mesin diesel, cetane dipilih sebagai standar untuk menggambarkan kemudahan pembakaran relatif bahan bakar diesel.

Angka cetane dari setiap bahan bakar diesel sebenarnya merupakan rata-rata semua angka cetane dari berbagai hidrokarbon yang ditemukan dalam bahan bakar itu. Sifat mudah terbakar solar akan memengaruhi kinerja mesin diesel.

Bahan bakar dengan cetane rendah bisa menyebabkan mesin diesel berjalan lamban dan memiliki emisi yang lebih tinggi, akibat pembakaran yang tidak efisien. Angka cetan rendah, juga bisa membuat mesin sulit dinyalakan.

 

 

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/tys)

Rekomendasi cetane number

Rekomendasi cetane number

Sedangkan bahan bakar dengan cetane tinggi, bisa lebih cepat menyala dan memiliki proses pembakaran yang lebih efisien. Sehingga bisa meningkatkan tenaga mesin. Lazimnya, mesin diesel akan mencapai pembakaran efisien saat menggunakan bahan bakar dengan angka cetane sekitar 55.

Angka cetane yang lebih tinggi umumnya tidak memberikan tenaga lebih, efisiensi bahan bakar lebih, atau pengurangan emisi. Beebrapa mesin diesel berkinerja tinggi, angka cetane yang direkomendasikan bisa mencapai 60.

Banyak negara sudah menetapkan standar angka cetane minimum untuk bahan bakar diesel yang berkisar antara 40-51. Penentuan angka cetane ini dilakukan dengan pengujian bahan bakar menggunakan mesin diesel kompresi variabel yang dirancang khusus.

Loading