Sukses

Hasil Penelitian, Musik Rok Bisa Picu Kebut-Kebutan

Otosia.com Sebuah penelitian membawa kabar buruk bagi pecinta musik rok. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti Cina, menyebutkan bahwa musik rok bisa picu pengemudi melaju lebih kecang dan panik, jika didengarkan sembari mengemudi mobil.

Melansir Autoevolution, penelitian itu dilakukan oleh South China University of technology dan Guangdong University of Technology. Penelitian itu juga dipublikasikan dalam jurnal internasional Environmental Research and Public Health.

Penelitian tersebut berpendapat bahwa perlu memperkenalkanperingatan publik dan pelatihan berkendara dalam hal mendengarkan musik saat berada di belakang kemudi.

Meski begitu, penelitian ini juga menyoroti penelitian lebih lanjut tentang data nyata mendengarkand an kecelakaan, untuk memverifikasi temuan dalam simulator mengemudi.

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/tys)

Kesimpulan Penelitian

Penelitian ini melibatkan pengemudi sukarela yang mengemudi dengan simulator sembari mendengarkan musik dari berbagai macam genre. Kesimpulannya, mereka yang mendengarkan musik cepat cenderung lebih gegabah daripada mereka yang mendengarkan musik ringan atau yang tidak mendengarkan musik sama sekali.

Kecepatan rata-rata mereka 16 kpj dan berpindah lajur sekitar 140 kali dalam satu jam. Sedangkan kelompol terakhir hanya berpindah jalur sebanyak 70 kali, selama jangka waktu yang sama.

Pengemudi yang toleran lebih cenderung mengendarai lebih cepat dan lebih sering berpindah jalur, daripada pengemudi flegmatis ketika mendengarkan jenis musik yang sama.

"Temuan ini berguna untuk pengembangan strategi pendidikan mengemudi yang efektif," kata para peneliti.

Loading