Sukses

Toyota Innova Crysta Milik Menteri Kerala Ganti Ban 34 Kali Selama 2,5 Tahun

Otosia.com Mengganti ban kendaraan, aturannya diganti secara berkala. Bahkan disarankan untuk merotasi posisi ban mobil secara periodik. Rata-rata, pemilik mobil mengganti ban mobilnya ketika ban sudah aus.

Idealnya, ban mobil punya usia 3 tahun. Tapi pemilik mobil bisa saja mengganti ban mobilnya sebelum batas waktu ideal ban. Sebab, mengganti ban juga bisa disesuaikan dengan pemakaian.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/tys)

Menghabiskan Rp67,2 Jutaan

Menghabiskan Rp67,2 Jutaan

Baru-baru ini, fakta mengejutkan soal penggantian ban beredar di India. Melansir Cartoq, ban mobil Toyota Innova Crysta milik Kerala Power Minister, MM Mani, diganti sebanyak 34 kali selama 30 bulan atau 2,5 tahun.

Fakta itu diketahui setelah Right to Information (RTI) membuka data tersebut untuk seorang insinyur perangkat lunak dari Kochi. Biaya penggantian ban MM Mani sebesar INR 340.000 atau Rp 67,2 jutaan (Kurs INR 1 = Rp 197).

Dipakai 124.000 KM

Dipakai 124.000 KM

Menurut sebuah pernyataan di akun Facebook resmi Menteri, ternyata mobilnya sudah menempuh jarak lebih dari 124.000 kilometer, selama waktu tersebut. Innova Crysta itu juga kerap dipakai melibas jalanan perbukitan dengan kecepatan tinggi.

Mani menambahkan, bahwa seorang menteri atau staf tidak memiliki peran dalam penggantian ban kendaraan. Penanggungjawabnya adalah departemen pariwisata.

Selain Mani, mobil dinas Menteri Kehutanan K Raju juga mendapatkan penggantian ban sebanyak 19 kali. Penggantian ban itu disebut dalam 5 kesempatan berbeda agar mobil layak dipakai.

Loading