Sukses

Mengintip Motor Balap Klasik Honda di Ajang Balap Dunia

Otosia.com Saat diajak PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM), distributor motor Honda untuk wilayah Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur (NTT), menonton MotoGP ke Sirkuit Sepang, Malaysia, tim Otosia juga sempat melihat langsung motor yang digunakan Honda di ajang balap tahun 1967.

Jika dibandingkan dengan Honda RC213V yang ditunggangi Marc Marquez dan Jorge Lorenzo di MotoGP, motor bernama Honda RC174 ini tampak tua. Namun, sportbike tersebut merupakan salah satu yang terbaik di masanya.

 (kpl/crn)

Desain Klasik

Desain Klasik

Honda RC174 merupakan pengembangan dari motor balap generasi sebelumnya, Honda RC166. Berkat keduanya, Honda mampu meraih gelar konstruktor terbaik di kelas 250 cc dan 350 cc. Motor ini dulunya dikendarai pembalap legendaris, Mike Hailwood dari Inggris.

Secara fisik, Honda RC174 mengusung desain khas tahun 1960-an. Fairing depannya cenderung membulat, begitu juga dengan cover bodi belakang. Hanya saja, tangkinya dibuat memanjang untuk menampung bahan bakar dalam jumlah besar.

Mesin 6 Silinder

Mesin 6 Silinder

Yang menarik adalah konfigurasi mesinnya, 6-silinder inline berkapasitas 297,06 cc. Dapur pacu tersebut disokong 4 karburator 22 mm dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 67 hp dengan torsi 27 Nm.

Karena terlahir tahun 1967, Honda RC174 masih dibekali beberapa teknologi yang saat ini terbilang kuno untuk sebuah motor balap, seperti suspensi depan teleskopik, dual-suspension di belakang, dan velg jari-jari (spoke wheel).

Masih Dipamerkan

Masih Dipamerkan

Selain itu, Honda RC174 masih mengandalkan drum brake atau rem tromol berukuran besar di depan dan belakang untuk menahan lajunya. Komponen menarik lainnya ialah knalpot dengan 6 muffler, 3 kanan dan 3 kiri.

Sampai saat ini, Honda RC174 masih disimpan dengan rapi oleh pabrikan berlogo sayap tersebut dan kerap ditampilkan di berbagai ajang, salah satunya ialah MotoGP. Wajar saja, motor tersebut merupakan bagian dari salah satu sejarah mereka di ajang balap dunia.

Loading