Sukses

SC Project Sodorkan Knalpot-Knalpot Baru

Otosia.com EICMA (Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accessori) alias Milan Motorcycle Shows 2019 digelar awal bulan ini. Produsen knalpot Italia SC Project yang jadi andalan Marc Marquez dan Jorge Lorenzo di Repsol Honda pun kasih suguhan knalpot-knalpot baru.

Yes. Baru. Ini adalah model-model yang belum ada sebelumnya, tipe baru di jenisnya, dan menyesuaikan dengan kehadiran motor-motor baru di dunia.

Mereka meraciknya dari material-material terbaik, titanium CuNb (Copper dan Niobium), carbon fiber, dan anticorodal (kombinasi magnesium dan silisium) tipe 6082, dan inconel alloy.

Inconel sendiri adalah superalloy berbasis-nikel-kromium austenitik. Bahan tahan oksidasi yang sangat cocok di lingkungan ekstrem tekanan dan panas.

Nah, gak heran kan kalo SC Project jadi andalan duo Honda MotoGP, selain Moto2, World SuperSport Championship, sampai Isle of Man TT.

Di pameran EICMA 2019, SC Project yang bermarkas di Cassinetta di Lugagnano, Milan, Italia ini menyuguhkan total 5 tipe baru. Ada anggota keluarga baru SC1, yakni SC1-M, lalu MTR, Rally Raid, Metal Black, dan X-Plorer II yang merupakan lanjutan dari X-Plorer.

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/nzr/ahm)

SC1-M

Model SC1-R yang terkenal di Superbike World Championship ini secara desain punya bentuk gemuk dengan lekukan ala jajaran genjang asimetris. Versi SC1-R punya arus buang yang los. Sementara, SC1-M hadir dengan area buang yang katakanlah lebih "humble" dengan dukungan DB killer.

Materialnya serba titanium, baik di bodi (high-grade), titanium kelas ringan untuk finishing-nya, dan begitu juga mounting. Sementara end-cap-nya adalah karbon.

Model ini dibuat double-muffler untuk Ducati Hypermotard 950, Triumph Speet Triple 1050. Aprilia Dorsoduro 900, dan juga singular side muffler untuk model terbaru BMW S1000RR dan Kawasaki Ninja 400.

MTR

SC Projet membuat knalpot jenis baru bernama MTR. Kode ini merujuk pada "Multiple Road". End cap-nya seluruhnya terbuat dari aluminium anticorodal dan digarap menggunakan mesin CNC.

Untuk merancang MTR, pihak SC bilang kalau mereka melakukan banyak tes untuk meringankan bobot bagian end-cap yang finishingnya juga unik seperti berulir ke bawah. Warna bagian end-cap ini sendiri dinamai "Black Pearl".

MTR tersedia dengan homologasi Euro 4 untuk Ducati Multistrada 1260 dan 1200, serta untuk Ducati Scrambler 1100.

Rally Raid

SC Project membuat jenis yang persis ditujukan buat motor full adventure gaya Reli Dakar. Misalnya, Honda CRF1000 Africa Twin dan KTM 790 Adventure.

Rally Raid yang akan beredar sudah berhomologasi Euro 4, dilengkapi DB killer, dan satu lagi, ini sepenuhnya bermaterial titanium, sampai ke soket down-pipe dan clamp-nya.

Metal Black

Sesuai namanya, Metal Black sepenuhnya hitam dengan material dasar stainless steel dengan end-cap aluminium (tipe 6082) dan digarap halus menggunakan mesin CNC. Lalu bagian luarnya diselimuti cat ceramic yang tahan temperatur tinggi.

Dua pilihan warna tersedia. Jadi bukan hanya yang sepenuhnya hitam, tapi juga two-colored. Nah, knalpot unik dan baru ini dibuat oleh SC Project untuk Suzuki Katana.

X-Plorer II

Xplorer generasi kedua ini secara model diarahkan ke motor cross-over. Disebut begitu karena dia cocok, baik untuk motor model modern sport-tourer maupun maxi-enduro.

Bahannya titanium ringan dengan finishing titanium natural dan end-cap carbon desain eksklusif, serta DB killer yang didesain khusus pula. Saat ini, dia diarahkan untuk motor BMW R1250R atau RS.

SC Project juga bilang bahwa pencocokan untuk jenis motor lain akan diinfokan lebih lanjut di tahun depan.

Loading