Sukses

4 Langkah Pertolongan Pertama Bisa Bantu Selamatkan Nyawa Korban Kecelakaan

Otosia.com Beberapa hal bisa menjadi faktor terjadinya kecelakaan lalu lintas. Mulai dari kelalaian pengemudi, pelanggaran lalu lintas, hingga kelelahan.

Maka itu, masing-masing pengguna jalan ada baiknya untuk mempersiapkan diri sebelum berkendara. Selain itu, pengguna jalan juga ada baiknya untuk memahami langkah yang harus dilakukan jika melihat kecelelakaan.

Seperti dilansir katalog terbitan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, ada dua hal penting mengapa korban kecelakaan harus segera ditolong.

Hal pertama, korban kecelakaan yang tidak segera ditolong dapat terancam kematian. Hal kedua ialah pertolongan pertama yang tepat sebelum tenaga medis datang, dapat menyelamatkan jiwa korban dan mencegah kecacatan.

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/tys)

Next

Semua orang bisa menjadi penolong, ada 4 langkah besar yang perlu diperhatikan saat melihat kecelakaan, yakni segera hubungi 119, amankan diri, amankan lingkungan, dan amankan korban.

Setelah menghubungi 119, pastikan diri anda tidak ikut celaka. Minta bantuan orang sekitar untuk mengamankan lokasi kejadian.

Matikan semua mesin kendaraan bermotor yang terlibat dalam kecelakaan. Dahulukan menolong korban yang masih hidup. Bila memungkinkan, pindahkan korban ke lokasi yang lebih aman dengan cara yang benar dan tidak memperparah korban.

Jangan memindahkan kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan karena merupakan barang bukti pihak kepolisian.

Sumber: Liputan6.com

Loading