Sukses

Harga Suzuki Saluto 125, Review, dan Spesifikasi Maret 2022

Otosia.com Pada tahu kan dengan skuter Vespa dan Lambretta dari Eropa? Pecinta roda dua pasti familiar dengan kedua brand asal Italia tersebut. Desain klasik modern serta fitur canggih yang dibawa menjadi dambaan setiap orang untuk milikinya.

Nah, menariknya, merek sepeda motor asal Jepang, Suzuki, merilis motor baru yang desainnya punys kesan mirip dengan kedua brand tadi. Yup, motor tersebut dinamai dengan Saluto 125 yang melakukan debut pada akhir 2019 lalu di Taiwan.

Sejak awal kehadirannya, Suzuki Saluto 125 mencuri perhatian netizen Indonesia. Namun pertanyaan yang timbul adalah, apakah motor Suzuki Saluto benar-benar akan masuk pasar Tanah Air?

Keraguan dan pertanyaan seperti ini tentu cukup mendasar, pasalnya Suzuki masih cenderung meraba-raba pasar seksi di Indonesia. Sebagai contoh adalah Suzuki tak kunjung luncurkan pesaing dari Yamaha NMax dan Honda PCX. Padahal mereka sendiri sudah miliki Suzuki Burgman Street yang didesain gambot.

Yang jelas kita tunggu saja perkembangan motor ini ke depannya. Selain itu, Otolovers juga harus tahu bagaimana spesifikasi, review, dan harga Suzuki Saluto 125. Simak ulasannya di bawah ini!

 

 

 

 (kpl/ahm)

Desain Suzuki Saluto 125

Kemiripan dengan desain Vespa dan Lembretta tampak pada setiap sisi bodi Suzuki Saluto 125. Hal ini tak lepas dari desain bodi yang terkesan retro dan modern.

Tengok saja bagian depan Suzuki Saluto 125 yang telah dibekali dengan LED headlight dengan frame krom, LED DRL, dan lampu sein yang kesemuanya didesain klasik modern. Makin terlihat manis dengan adanya tulisan Suzuki di tengah lampu utama di Suzuki Saluto 125.

Tak hanya di sektor depan, bagian belakang pun juga demikian. Kental dengan nuansa motor Eropa karena bodi rectangular Suzuki Saluto 125 yang dipadu dengan LED taillight U-space. Menariknya behel belakang tampak sederhana dengan balutan krom.

Desain manis seperti ini apa harga Suzuki Saluto 125 terlampau mahal? Ketahui selengkapnya di ulasan berikutnya.

Sektor Kaki-Kaki Suzuki Saluto 125

Berpindah ke bagian bawah atau kaki-kaki, skuter dengan banderol harga Suzuki Saluto 125 sekitar Rp40 jutaan ini pakai ban gambot dikedua sisinya. Untuk peredam kejut memakai suspensi teleskopik di bagian depan, dan di belakang pakai dual-suspension

Untuk menunjang keselamatan, Suzuki membekali pengereman Saluto dengan rem cakram pada area depan, sedangkan pada area belakang motor ini menggunakan rem tromol.

Tidak hanya itu, sistem pengereman telah menggunakan Anti-Lock Braking System (ABS). Penyematan fitur ABS ini agar pengendara merasa nyaman dan aman ketika berkendara.

Tak lupa sistem CBS juga ada dalam Saluto. Fungsi CBS sendiri untuk menyeimbangkan antara rem depan dan Belakang.

 

Fitur Suzuki Saluto 125

Fitur yang disematkan Suzuki dalam motor ini adalah remote keyless yang dapat digunakan untuk menyalakan motor, membuka tutup tangki, dan juga membuka jok. Remote keyless ini dapat diaktifkan apabila jarak dengan motor 1,5 meter.

Dasbor Suzuki Saluto juga tampil dengan berbagai fitur yang dapat dinikmati, seperti kenop yang berfungsi untuk menghidupkan atau mematikan mesin, colokan USB 5V2A untuk fast charging juga ada dalam motor ini.

Selain itu, masih ada gantungan barang, hingga tutup bahan bakar yang terletak di sebelah kiri hadir menemani fitur unggulan Saluto.

Panel Instrumen tidak kalah ketinggalan hadir dengan logo S ala Suzuki di bagian tengah. Panel ini berisi beberapa informasi terkait berkendara, seperti jam, jarak tempuh (odometer), volume bahan bakar, lampu sein, hingga kecepatan kendaraan (speedometer).

Untuk mengatur panel tersebut, terdapat tombol di bagian kanan setang.

 

Mesin Suzuki Saluto 125

Baru muncul, nama Suzuki Saluto 125 langsung melambung tinggi. Digadang-gadang akan mampu patahkan dominasi skuter klasik modern Honda Scoopy di pasar Indonesia. Sangat memungkinkan dong Otolovers, apalagi dari desain dan fitur cukup mumpuni.

Lalu dari sektor jantung pacu, Suzuki Saluto 125 pakai mesin 1-silinder berkubikasi 124cc. Dari mesin tersebut skuter dengan banderol harga Suzuki Saluto 125 sekitar Rp35 jutaan tersebut mampu hasilkan tenaga sebesar 9.4 Ps dan torsi 10 Nm.

Kelebihan dan Kekurangan

Dilansir dari beberapa sumber, berikut kelebihan dan kekurangan Suzuki Saluto 2022.

Kelebihan

Kekurangan

  • Tampilannya yang unik dan lucu

  • Fitur yang disediakan cukup lengkap

  • Sudah menggunakan ABS dan CBS

  • Belum masuk kedalam pasar Indonesia

  • Harganya cukup tinggi 

Spesifikasi Suzuki Saluto 125

Dimensi: 1.805 mm (panjang), 690 mm (lebar), 1.090 mm (tinggi), 1.250 mm (jarak sumbu roda), 760 mm (tinggi tempat duduk), 114 kg (berat motor)
Mesin: 1-silinder 124 cc SOHC berpendingin udara
Performa: 9,4 Ps/7.000 rpm (tenaga), 10 Nm/6.000 rpm (torsi)
Ukuran Ban: 100/90-10 56J (depan/belakang)
Rem: Rem Cakram Hidraulik Tunggal (depan), Rem drum mekanis (belakang)
Tangki: 5.5 liter

Harga Suzuki Saluto 125

Meski desainnya mirip dengan Vespa dan Lambretta, kelihatannya Suzuki Saluto 125 tak akan langsung bersaing dengan dua motor tadi.

Lebih dari itu, pasarnya kemungkinan juga akan bersinggungan dengan skuter retro milik Honda dan Yamaha, seperti Scoopy dan Fino.

Namun dari sisi harga Suzuki Saluto 125 kelihatannya lebih mahal. Berikut ini daftar harganya. 

Suzuki Saluto Luca Green/Genoa Red (83.800 TWD/Rp 43.100.000)

Suzuki Saluto Bologna Rose Gold/Naples Dark Blue (81.000 TWD/Rp 41.700.000)

Suzuki Saluto Klasik (80.000 TWD/Rp 41.200.000)

 

Loading