Sukses

Sanksi Larangan Mudik Mulai Berlaku 7 Mei 2020

Otosia.com Larangan mudik tahun 2020 akibat pandemi virus Corona (COVID-19) mulai diterapkan pada 24 April 2020. Larangan mudik ini akan diterapkans ecara bertahap, bertingkan dan berkelanjutan.

Dilansir dari laman Kementerian Perhubungan, Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati mengatakan bahwa pelarangan mudik akan diberlakukan sampai dengan tanggal 31 Mei 2020 dan akan diperpanjang bile diperlukan.

Menurutnya, selama tahap awal penerapan larangan mudik, Pemerintah akan mengedepankan cara-cara persuasif jika didapati warga yang tetap melakukan mudik. Seperti melakukan edukasi dan meminta pengendara untuk memutar balik kendaraannya kembali ke asal.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/tys)

Next

Sanksi secara penuh baru akan diberlakukan pada tahap 2. "Akan mulai diberlakukan sanksi secara penuh pada 7 Mei 2020," terang Adita di Jakarta, Rabu (22/4/2020).

Lebih Lanjut, Adita menegaskan tidak ada penutupan jalan baik tol maupun jalan nasional. Hanya akan diberlakukan penyekatan atau pembatasan kendaraan.

"Pelarangan berlaku untuk angkutan penumpang baik angkutan umum maupun kendaraan pribadi (mobil dan sepeda motor) dan tidak berlaku untuk angkutan barang atau logistik," jelas Adita.

 

Next

Kendaraan lain yang masih diperbolehkan melintas yakni pemadam kebakaran, kendaraan dinas instansi pemerintah, dan kendaraan tenaga medis.

Adita menambahkan, prioritas pengawasan penyekatan ada pada daerah zona merah dan di daerah yang telah diterapkan PSBB. Petugas akan melakukan pemeriksaan jika terdapat masyarakat yang melalui zona-zona tersebut.

Loading