Sukses

Sepeda Motor ABS Tak Perlu Perawatan Khusus, Begini Penjelasannya

Otosia.com Tak hanya mobil, sepeda motor pun dibekali dengan sistem pengereman Anti-lock Braking System alias ABS. Terlebih sepeda motor dengan kapasitas 150cc ke atas.

Fitur tersebut memungkinkan kendaraan terhindar dari risiko roda yang mengunci karena hard braking atau mengerem mendadak. Dilansir Suzuki Indonesia, sepeda motor ABS pun tak perlu perawatan khusus.

Sebab, indikator ABS akan menyala jika mengalami gangguan. Tetapi, memang harus diakui, kerusakan mungkin saja terjadi akibat benturan atau ada kotoran yang menempel pada sensor kecepatan.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/tys)

Next

Selain sebisa mungkin meminimalisir benturan dan segera menyingkirkan jika ada kotoran pada sensor kecepatan, usahakan cakram atau piringan rem tetap rata, tidak melengkung.

Alasannya, karena hal itu bisa membuat ABS mengalami gangguan. Jaga kondisi kampas remnya jangan sampai habis, dengan rutin mengecek level permukaan minyak rem apakah sudah menyentuh marking lower atau level paling bawah.

 

Next

Jika minyak rem sudah menyentuh paling bawah, maka lakukan pemeriksaan untuk mengetahui kondisi dari kampas rem yang sudah habis. Satu hal penting yang harus diingat adalah semakin aus kampas rem maka level permukaan minyak rem akan semakin menurun.

Terakhir ganti minyak rem per 15 ribu kilometer supaya terhindar dari masuk angin atau angin palsu.

Sumber: Liputan6.com

Loading