Sukses

Penyebab Jalan Indonesia Sering Alami Kerusakan

Otosia.com Pernahkah Anda bertanya mengapa jalan di Indonesia seringkali mengalami kerusakan? Pengerjaan atau kegiataan tambal-sulam pun sering ditemukan sehingga menyebabkan kemacetan. Bahkan penambalan terkesan seadanya, sehingga tidak heran jika jalan jadi seperti gundukan aspal, seringkali mudah juga terkelupas.

Menurut Direktur Preservasi Jalan Direktorat Jendral Bina Marga, Hedy Rahadian, kerusakan jalan ini disebabkan banyak faktor. Namun, yang jadi penyumbang terbesar adalah melintasnya kendaraan dengan muatan berlebihan.

"Kita punya regulasi beban maksimum, tapi kenyataannya masih banyak kendaraan yang overload," ucap Hedy.

Faktor lainnya adalah drainase atau saluran pembuangan air yang kurang baik akibat perubahan landscape. Didukung perubahan cuaca yang ekstrem dikatakan sangat berdampak. Terakhir adalah kualitas jalan yang tak hanya dipengaruhi oleh produk, namun juga proses pengerjaannya.

"Yang terpenting kualitas di lapangan. Karena akan menjadi percuma pembahasan dimana-mana, namun di lapangannya tidak diaplikasikan dengan baik,. Kita harus konsisten dengan apa yang kita tulis (spesifikasi) sendiri" jelas Hedy.

Video Paling Viral saat Ini
 (kpl/fid/fdk)
Loading