Sukses

Jangan Panik Ketika STNK Kamu Hilang, Ikuti Cara Ini

Otosia.com Surat-surat kendaraan bermotor wajib dibawa saat berkendara. Surat-surat ini pun wajib untuk dijaga. Karena, kalau hilang akan panjang urusannya.

Tapi, jangan panik saat surat-surat kendaraanmu hilang, seperti STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Tak perlu khawatir, ini tips untuk mengurus STNK yang hilang. 

Pertama, laporkan kehilangan STNK ke kepolisian. Kedua siapkan beberapa hal, yakni, KTP pemilik kendaraan asli dan fotokopi, fotokopi STNK yang hilang, surat keterangah hilang STNK dari Polsek atau Polres setempat, dan BPKB asli dan fotokopi.

Ketiga, urus STNK yang hilang ke kantor Samsat sesuai daerah asal, dengan membawa syarat-yarat tersebut. Bagaimana prosedurnya?

Lakukan cek fisik kendaraan, lalu fotokopi hasil cek fisiknya. Isi formulir pendaftaran dan urus cek blokir atau surat keterangan STNK hilang daeri Samsat.

Surat ini berisi keterangan keabsahan STNK terkait, misalnya tidak diblokir atau dalam pencarian. Jangan lupa sertakan hasil cek fisik kendaraan.

Semua persyaratan dan surat cek blokir sebelumnya daftarkan ke loket BBN II. Lalu bayar pajak kendaraan bermotor, tapi jika sudah dibayar maka bebas biaya pajak.

Selanjutnya, bayar biaya pembuatan STNK baru. Terakhir, ambil STNK dan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah), dan selesai.

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/tys)
Loading