Sukses

Oplos Minyak Goreng ke Oli Mesin, Ademnya Bisa Jadi Cuma Sebentar

Otosia.com Oplos minyak goreng ke oli mesin ramai di dunia maya dan disebut-sebut bikin mesin jadi adem. Begitu juga efeknya ke suara mesin, katanya campuran itu bikin jadi lebih halus.

Benarkah demikian? Sebenarnya, pencampuran ini berbahaya karena minyak goreng merupakan bahan nabati yang rentan mengandung gliserin.

Namun ketika efek adem minyak goreng ditanyakan kepada Juergen Gunawan dari organisasi Masyarakat Pelumas Indonesia (Maspi), dia tidak menampik hal itu.

Akan tetapi, pengurus lembaga yang didirikan untuk membangun pengetahuan masyarakat tentang pelumas dan bahan bakar itu berujar, efek itu hanya bersifat sementara.

"Itu adalah efek sementara karena terjadi perubahan viscosity atau kekentalan pelumas," kata dia.

Terlebih lagi, pencampuran itu bisa menimbulkan sludge atau lumpur kental hasil pencampuran dua bahan tersebut.

Memang, lumpur sisa campuran dua bahan kimia tersebut bisa hilang saat panas. Namun, keberadaannya bisa menambah lapisan.

"Ditambah dengan sludge terbentuk cepat maka saat panas, sludge tersebut bisa sementara mencair. Lalu akan ada efek penambahan ketebalan lapisan laminar bantalan pelumas di antara metal surface (bikin adem), tetapi akan terjadi uncontrolled condition. Penambahan tersebut akan tidak terkendali dan terus bertambah", ungkapnya lagi. 

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/why/sdi)
Loading