Sukses

Jangan Sembarangan Aktifkan Lampu Jauh, Ada Waktunya Sendiri

Otosia.com Lampu jauh digunakan saat waktu-waktu tertentu. Lampu jauh atau high beam ini tidak bisa digunakan sembarangan karena juga memiliki efek berbahaya bagi pengendara lain akibat silau.

Ada waktu yang tepat dalam menggunakan lampu jauh. Pertama, ketika ingin mendahului kendaraan lain. Selain klakson, kedipkan satu atau dua kali lampu jauh agar pengendara lain waspada.

Lampu jauh juga bisa digunakan saat melaju di jalur yang panjang, kosong, dan kurang penerangan atau bahkan cenderung gelap. Otolovers boleh menggunakan lampu jauh agar aman. Tapi saat ada pengendara lain di depan, sebaiknya segera ubah ke lampu dekat atau low-beam.

Jangan pernah menggunakan lampu jauh di keramaian kota, apalagi di jalanan yang padat dan ramai secara terus - menerus. Pengendara yang terpapar cahaya lampu jauh akan kehilangan konsentrasi sehingga berpotensi besar menyebabkan kecelakaan.

Di Tiongkok sendiri, penggunaan high beam telah diatur. Pengemudi yang melanggar akan ditangkap dan diberi hukuman yaitu sang pengemudi diminta untuk duduk di sebuah kursi selama satu menit dan dihadapkan dengan mobil yang menyalakan lampu jauh. Peraturan ini sudah diterapkan sejak bulan November 2016 lalu sebagai sangsi tegas.

Meski di Indonesia hal ini belum diatur secara tertulis, ada baiknya otolovers disiplin berkendara di jalan. Tidak hanya menghargai pengendara lain, tetapi juga mencegah kecelakaan yang bisa merugikan diri sendiri.

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini
 (kpl/tys)
Loading